Pemkab Kutai Timur Anggarkan Rp5,5 Miliar Tangani Covid-19

Bogor Now

KORANBOGOR.com,KUTAI TIMUR-Segala upaya dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,5 miliar untuk penanganan pandemik tersebut di wilayah Kutim.

Sebelumnya, Bupati Ismunandar menginstruksikan kepada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), untuk terus melakukan berbagai upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Kutim.

Salah satunya dengan meliburkan seluruh sekolah selama 14 hari, hingga meminta seluruh warganya untuk membatasi aktivitas di luar rumah bila tidak perlu.

Sekretaris Kabupaten Kutai Timur Irawansyah menyebutkan, anggaran sebesar itu, untuk keperluan mendesak terkait penanganan virus corona.

“Seperti dipergunakan untuk biaya perawatan pasien suspect Covid-19 dan pembelian sejumlah sarana seperti alat pelindung diri (APD) petugas kesehatan saat menangani pasien Covid-19, hingga biaya pengiriman sampel,” jelasnya.

Selain itu, menurut Irawansyah, upaya pencegahan terus menjadi prioritas utama Pemkab. Terlebih, Satuan Tugas (Satgas) sudah terbentuk dan akan berkoordinasi lintas sektoral untuk melakukan aksi di lapangan.

“Hari ini, tepatnya Jumat (20/3/2020) sore, Satgas akan melakukan rapat koordinasi terkait pencegahan dan penanganan pandemik corona, sehingga terkait aksi di lapangan, Satgas yang akan berperan lebih,” terang Irawansyah.

Untuk diketahui, sebelumnya Dinas Kesehatan Kutim hanya mengajukan anggaran penanganan corona sebesar Rp 1,3 miliar ke TAPD.

Namun, atas dasar pertimbangan eskalasi virus corona yang mulai meresahkan warga, Pemkab Kutim menetapkan anggaran sebesar Rp 5,5 miliar untuk melawan pandemik corona.(Red)