Pendidik Bukan Hanya Guru

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran untuk pengubahan sikap maupun etika seseorang untuk meningkatkan pola pikir agar menjadi lebih baik.

Pendidikan sangatlah penting untuk dapat mengubah diri kita menjadi lebih baik, namun masih banyak orang yang berpikiran bahwa pendidikan itu tidak penting bahkan ada yang berpikir pendidikan hanya membuang-buang waktu dan uang saja, mereka berpikir lebih baik bekerja dari pada sekolah, Karena jika bekerja mereka mendapatkan uang sedangkan sekolah hanya membungan uang.

Sebenarnya mereka hanya menilai dari satu sudut pandang saja, Dan yang mereka nilai dari sudut pandang tersebut hanyalah kerugiannya.Padahal dari sudut pandang lain banyak sekali manfaat pendidikan.

Manfaat pendidikan antara lain : Memberikan pemahaman,Membentuk kepribadian, Menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli dalam berbagai bidang, memperdalam pengetahuan, gelar pendidikan  sangat dibutuhkan untuk melamar kerja, Membentuk pola pikir yang ilmiah, Dan meningkatkan kreativitas.

Maka jika terjadi seperti ini peran seorang pendidik sangatlah diperlukan, untuk memberikan penjelasan apa itu pendidikan dan apa saja manfaat untuk diri kita sendiri untuk kedepannya. Yang dimaksud pendidik disini bukan hanya seorang guru saja, Tetapi seperti apa yang pernah Ki Hajar Dewantoro utarakan yaitu Jadikan Setiap Tempat Sebagai Sekolah dan Jadikan Setiap Orang Sebagai Guru.

Jadi peran untuk memberikan pendidikan bukan hanya tugas seorang guru dan pendidikan tidak dilakukan disekolah saja. 

Maka dari itu jika ada orang disekeliling kita,seperti tetangga, kerabat dan keluarga kita yang menilai bahwa sekolah itu tidaklah penting, tidak ada salahnya kita memberitahu apa saja keuntungan bersekolah untuk mendapatkan ilmu,yang akan dirasakan manfaatnya dikemudian hari.

Selain itu, kita juga dapat melakukan pendekatan kepada mereka yang tidak mau sekolah, agar bisa menilai mengapa mereka tidak bersekolah selain alasannya karena membuang-buang waktu dan uang.

Bisa jadi ada orang tua yang memaksa mereka untuk tidak bersekolah padahal anak tersebut ingin bersekolah.Maka dilakukanlah pendekatan seperti diadakannya kegiatan belajar bersama guna untuk melihat apakah mereka dipaksa agar tidak bersekolah atau memang keinginan sendiri dan apakah karena terkendala oleh keadaan ekonomi.

Saat kita melakukan pendekatan dan memberikan pendidikan yang walaupun hanya secara umum disana kita bisa sekaligus menilai kenapa mereka tidak bersekolah. Memang ada yang dipaksa oleh orang tuanya dan ada juga yang karena memang tidak ingin bersekolah.

Disitulah tugas kita memberikan pemahaman kepada orang tua pentingnya pendidikan dibangku sekolah, walaupun pendidikan bisa didapat bukn hanya dari sekolah tetapi sekolah juga penting guna mendapatkan kerja dimasa depan,karena jaman sekarang sulit mendapatkan kerja.dan mendidik mereka dan menumbuhkan rasa semangat belajar yang tinggi agar mereka berkeinginan untuk bersekolah lagi seperti anak-anak yang lainnya.

Pendidik bukan hanya tugas seorang gurusaja jadi siapa saja yang memiliki atau mendalami sesuatu pengetahuan tetapi dia bukan seorang guru dan berkeinginan untuk menyampaikan pengetahuan yang ia miliki kepada mereka yang membutuhkan pengetahuan atau informasi tersebut tidak ada salahnya untuk menyampaikan pengetahuan tersebut kepada orang yang membutuhkan pengetahuan itu,karena mendidik tidak harus menunggu kita menjadi seorang guru dan bukan hanya guru saja yang diperbolehkan mendidik.

Bukankah jika kita melakukan hal itu justru ilmu kita akan jauh lebih bermanfaat.Jadi jika kalian ingin memberikan pengetahuan kepada orang yang membutuhkan pengetahuan atau informasi tersebut jangan ragu untuk melakukannya.

(Red/ Penulis: Amelia Widiansyah,NIM 2018015104 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta,Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar )