PENDIDIKAN DASAR

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan adalah alat manusiakan manusia seperti yang dikatakan oleh Bapak Pendidikan RI Ki Hajar Dewantara di dalam pendidikan ada jenjang yang harus ditempuh seperti PAUD SD SMP SMA dan perguruan tinggi di sini saya lebih baik tertarik membahas soal pendidikan dasar atau SD karena melihatnya lokasi pendidikan dasar di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan baik dari pembangunan ruangan kelas belajarnya maupun proses pendidikannya titik.

Pendidikan sekolah dasar SD merupakan jenjang paling dasar yang harus ditempuh oleh seseorang dan pendidikan SD adalah jenjang pendidikan formal di Indonesia pendidikan dasar ditempuh dari kelas 1 sampai kelas 6 dan seluruh peserta yang terlibat dalam pendidikan dasar ini diwajibkan mengikuti ujian nasional ketika sudah kelas 6 dan mau lulus dari bangku SD.

Pendidikan di sekolah dasar ini biasanya mulai dari 6 tahun sampai 12 tahun.

Sekolah Dasar atau SD diselenggarakan oleh sekolah pemerintah maupun swasta setelah diberlakukannya panorama daerah sejak tahun 2001 pengelolaan sekolah dasar negeri atau SDN yang belum berada di bawah naungan BPN atau Departemen Pendidikan Nasional menjadi tanggung jawab pemerintah daerah itu Sedangkan BPN hanya sebagai regulator dalam bidang standar pendidikan nasional.

Dalam tentangnya pendidikan dasar sebagai aliran sebelum melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi apabila di pendidikan dasar ini menjadi secara otomatis di tingkatan yang lebih tinggi akan lebih bobot lagi dan bahkan Mah Ali mengatakan bahwa ada 2 fungsi pendidikan dasar yaitu :

  1. Melalui pendidikan dasar peserta didik akan dibekali kemampuan yang paling dasar yang terkait dengan berpikir kritis membaca menulis berhitung dan kemampuan berbicara yang merupakan tuntutan kemampuan minimal dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Pendidikan dasar memberikan dasar-dasar Mengikuti pendidikan ke jenjang selanjutnya

Pendidikan sangat penting untuk perkembangan bagi kita semua terutama pendidikan dasar jenjang pendidikan dasar inilah peserta didik akan dibentuk karakternya menjadi seperti apa di masa mendatang nya pendidikan dasar di mana saat ini masih banyak yang perlu dibenahi oleh pemerintah, karena kalau kita melihat masih sangat kurang soal sarana dan prasarana Budi masih sangat kurang. Kemudian di Daerah Tertinggal masih ada sekolah sekolah yang tidak mempunyai perpustakaan.

Dan masih banyak lagi yang perlu diperhatikan oleh pemerintah saat ini agar pendidikan dasar ini benar-benar menjadikan ujung tembok bagi peserta didik untuk melangkah ke pendidikan selanjutnya.

(Red/penulis : Nining Indriani 2018015153 : prodi : PGSD 3 D, status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)