Pendidikan Didaerah Pedalaman

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakam pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya melalui pengejaran, pelatihan, atau penelitian.

Semua orang berhak memperoleh pendidikan yaitu mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah, jika orang tidak mempunyai pendidikan atau belum pernah mengenyam bangku pendidikan akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan, hal itu juga yang menyebabkan banyak terjadinya penganguran di Indonesia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mirisnya kondisi pendidikan di Indonesia, yaitu kurangnya kesadaran bagi masyarakat didaerah pedalaman akan hal pendidikan,masih banyak sekolah atau sistem pendidikan didaerah –daerah pedalaman Indonesia yang masih belum dilihat oleh pemerintah,seakan-akan pemerintah hanya memfokuskan pendidikan dikota-kota saja.

Sungguh miris ketika kita mengetahui bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia sekarang ini khususnya didaerah pendalaman yang jauh dari Ibukota .

Jika kita lihat diberbagai di media online ataupun televisi yang memberitakan tentang kondisi pendidikan atau keadaan sekolah yang tak layak digunakan lagi bangunan yang sudah semakin tua ataupun sudah hancur dan masih banyak lagi.

Sekolah yang sudah tak layak pakai sangat membahayakan bagi  murid atau guru yang berada didalam gedung tersebut, membuat siswa ataupun guru merasa tidak nayaman melakukan proses pembelajaran.

Ada banyak anak-anak Indonesia dipendalaman sana yang ingin mendapatkan pendidikan yang layak, mereka rela harus berjalan berkilo-kilo meter bahkan ada yang menyebrang dengan perahu ataupun melewati jembatan yang sudah mau hancur untuk belajar. Sungguh sangat bangga dengan anak pendalaman Indonesia.

Oleh karena itu pemerintahan belum dapat pemerataam pendidikan didaerah terpencil karena mereka memprioritaskan akses sekolah dengan ini semua murid dan warga setempat merasa nyaman dengan akses-akses tersebut.

Namun saat banyak anak-anak yang ingin belajar ke sekolahb kekurangan tenaga kerja pendidikan yang mau untuk mengajar didaerah pendalaman dan sebagaian menggangap bahhwa mengajar didaerah terpencil gajinya kecil dan jauh dari ibukota.

Memang itu semua kembali kepada guru-guru yang sukarela mengajar anak pendalaman dan sekarang kita semua berusaha agar pendidikan didaerah pendalamn  Indonesia mendapatkan apa yang memang seharusnya didapatkan sebagai pelajar.

(Red/Meiliana Citra,Nim : 2018015082,Status  : Mahasiswi PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )