Pendidikan Karakter Sejak Dini

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Karakter merupakan ciri khass individu yang ditunjukkan melalui cara bersikap, berperilaku, dan bertindak untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyrakat. Sekolah sebagai institusi pendidikan turut berperan dalam pembentukan karakter anak dengan baik.

Berikut beberapa karakter yang perlu diterapkan sejak dini di sekolah :

  1. Karakter Religius

Menanamkan karakter religius adalah langkah awal untuk menumbuhkan sifat, sikap, dan perilaku keberagamaan.Sikap ini perlu ditanamkan sejak dini karena anak perlu memahami pentingnya keagamaan dalam kehidupan.Dalam menanamkan karakter ini pun guru juga harus sangat berhati-hati dan mengajarkannya dengan semenarik mungkin karena pada masa sekolah dasar anak lebih cenderung meniru.

  1. Cinta Kebersihan danLlingkungan 

Menanamkan karakter ini dimulai dari membentuk pribadi sehat dan jiwa yang kuat.Dalam hal ini dapat diterapkan sedari sekolah dasar untuk menjaga lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah.Contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya dan menyusun jadwal piket untuk membersihkan kelas, apabila dirumah dapat membantu orang tua untuk membersihkan rumah atau kamarnya.

  1. Sikap Jujur

Menanamkan sikap jujur kepada anak usia sekolah dasar akan sangat berdampak positif terhadap kehidupan anak.Guru sangat berperan dalam menanamkan kejujuran pada siswa agar tercipta rasa saling percaya satu sama lainnya.

  1. Sikap Peduli

Peduli merupakan sikap dan tindakan selalu ingin memberikan bantuan kepada temannya atau orang lain yang sedang dalam kesusahan.Sikap ini sangat penting di terapkan sejak dini agar anak memiliki rasa solidaritas dan kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

  1. Rasa Cinta Tanah Air 

Cinta tanh air atau nasionalisme adalah cara berfikir, bertindak, dan berwawasan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun kelompok. Sikap ini sangat perlu ditanamkan agar kelak anak dapat menjadi generasi yang rela berkorban dan menjaga NKRI.

Beberapa karakter di atas sangat perlu ditanamkan sejak dari sekolah dasar agar anak menjadi pribadi yang memiliki ilmu dan pengetahuan tinggi serta mempunyai sikap atau karakter yang baik.

(Red/ Yuni Antika dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )