Pengadilan Negeri Bogor Pelopori e-Court Di Indonesia

0
180

KORANBOGOR.com,BOGOR-Dengan mengacu pada Dasar Hukum penerapan Digitalisasi Persidangan,Pengadilan Negeri Bogor yakni UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan dan Perma No.3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara ekektronik,maka Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B telah memperkenalkan kepada publik tentang Pengenalan Persidangan dengan e-Court, bertempat di Aula Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B Jalan Pengadilan Kota Bogor pada Jumat (13/04/2018) lalu.

Ade Sarip Hidayat,Sekdakot Bogor yang berkesempatan membuka acara ini menyambut baik dengan apa yang dilakukan Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B dan mengapresiasi atas inovasi yang dilakukannya.

” Saya berharap dengan adanya sistem e-Court dapat lebih memberikan dampak positif bagi jalannya persidangan di lembaga hukum ini agar tercipta transparansi dan keterbukaan yang dapat mengarah pada keadilan bagi pihak-pihak yang bersengketa,” kata Ade.

Tenri Muslinda,Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B mengatakan,e-Court atau Persidangan Digital merupakan kegiatan persidangan yang diselenggarakan secara biasa dengan menggunakan alat bantu berupa media elektronik yang meliputi visualisasi persidangan, perekaman persidangan dan alat komunikasi persidangan ( Audio Visual) jarak jauh/ teleconfrence.

“Perlu kami garisbawahi disini, jika Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B adalah pelopor dari penerapan e-Court di seluruh Indonesia.

Jadi kamilah yang pertama kali melakukan sistem ini demi kemudahan jalannya proses persidangan,” tegas Tentri.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga Penandatanganan Nota Kesepahaman Peningkatan Kapabilitas Pelayanan Hukum Berbasis Digital kepada masyarakat Bogor dan sekitarnya.

Penandatanganan dilakukan oleh SekdKot Bogor Ade Sarip Hidayat, Ketua Pengadilan Bogor Kelas 1B Tenri Muslinda, Kodim 0606 Kota Bogor dan Kapolres Bogor Kota.(wi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here