Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Belakangan ini gadget sangat mendominasi di kalangan masyarakat, dari yang muda hingga orang tua semua mempunyainya. Karena dengan adanya gadget, informasi dan komunikasi sangat mudah untuk didapatkan serta sangat membantu dalam kehidupan.

Seseorang bisa mengetahui situasi dan kondisi tanpa datang langsung ke lokasi, itulah yang membuat gadget sangat diminati oleh masyarakat. 

Tetapi berbeda halnya dengan yang dipikirkan anak-anak muda zaman sekarang, terutama oleh anak-anak pada jenjang Sekolah Dasar.

Gadget digunakan sebagai sarana permainan, terutama permainan game online yang mengakibatkan anak menjadi lupa akan kewajiban dan tugasnya sebagai peserta didik yakni belajar. Hal ini menjadi masalah serius yang di hadapi orang tua dan guru.

Permainan dan tontonan dalam gadget bukan media terbaik untuk belajar pada anak-anak. Dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan mengakibatkan menurunnya konsentrasi belajar pada anak, anak mudah lupa dan susah mencerna materi pelajaran sehingga menurunkan prestasi belajar disekolah.

Dampak tersebut sangat serius jika orang tua mengizinkan anak-anaknya bermain gadget terlalu lama. 

Banyak yang tidak menyadari adanya dampak buruk jika terlalu lama menggunakan gadget.Bermain gadget terlalu lama baik itu bertukar pesan, membaca berita, bermain game menimbulkan bahaya negatif terutama bagi anak-anak. Bahaya gadget bagi anak diantaranya:

  1. Kesehatan fisiknya akan terganggu

Menatap layar gadget terlalu lama dan sering di lakukan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti pada mata yakni rabun dan mata menjadi cepat lelah serta mengakibatkan insomnia.

  1. Proses belajarnya akan lamban 

Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak menyebabkan proses belajarnya tidak bisa berjalan dengan sempurna, karena dengan adanya teknologi semua akan menjadi lebih mudah untuk di akses sehingga otak anak tidak bisa terasah dengan baik. Anak menjadi malas belajar hingga menyebabkan prestasi belajarnya menurun. 

  1. Kecanduan

Ketika anak menggunakan gadget terlalu sering, ia akan kecanduan dan akan bergantung pada teknologi sehingga tidak bisa lepas dari teknologi. 

  1. Anti sosial

Anak yang berlebihan dalam bermain gadget akan jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sehingga menimbulkan sikap individualisme yang tinggi serta kurang peka terhadap lingkungannya. 

Mengingat begitu bahayanya gadget bagi kesehatan anak, peran orangtua sangat di uatamakan untuk mengawasi dan mengendalikan apa yang dilihat anak-anak agar tidak terjerumus melihat konten yang tidak sesuai dengan usianya. Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan oleh orangtua diantaranya:

  1. Batasi waktu anak dalam bermain gadget

Orangtua sangat berperan aktif untuk mengatur batasan waktu anaknya dalam bermain gadget, agar anak tidak terlalu lama dalam bermain gadget.

  1. Dampingi dan arahkan anak dalam bermain gadget 

Orangtua wajib mendampingi dan mengarahkan permaianan maupun tontonan yang mengandung nilai edukasi untuk anak.

  1. Berikan penjelasan mengenai bahaya gadget 

Berikan penjelasan tentang efek dan bahayanya gadget bagi kesehatan, agar anak dapat membatasi dirinya dengan teknologi.

Pepatah mengatakan “teknologi memang seperti pisau bermata dua”. Maksudnya teknologi di satu sisi membawa manfaat positif, tetapi disisi lain juga membawa hal yang negatif.

Peran orang tua sangat diutamakan dalam membiasakan anaknya untuk membagi waktu bermain dan belajar agar tidak mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah, serta anak diajarkan agar bisa memilah hal yang baik untuk di tiru dan hal yang tidak baik untuk di tiru. 

(Red/ Penulis:Nur Astuti, Nim : 2018015322, Kelas : 3H, Prodi : PGSD, Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta,  )