Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Anak

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Belakangan ini anak banyak yang menggunakan gadget untuk bermain game online dan game sangat mendominasi dikalangan masyarakat yang muda ataupun tua.

Karena adanya gadget yang untuk bermain game online informasi dan komunikasi kepada masyarakat ataupun orang tua berkurang karena mereka lebih penting dengan game onlinenya. Sehingga prestasi belajar anak menurun.

Tetapi berbeda dengan yang dipikirkan oleh anank-anak generasi zaman sekarang, terutama anak-anak pada jenjang Sekolah Dasar hingga anak usia yang lebih dewasa SMA. Dengan adanya game memudahkan siapa saja untuk mencari hiburan lewat handphone atau pun laptop bahkan komputer.

Dan kita tidak perlu keluar untuk mencari hiburan keluar rumah ataupun pergi ke suatu tempat yang lebih indah di bandingkan game online tetapi dikalangan sekarang lebih menggemari dirumah untuk bermain game online. Mudah sekali game online didapatkan hanya dengan mendownload aplikasinya di handphone, laptop dan komputer. Dan kalangan sekarang game yang saat ini digemari oleh masyrakat dari anak-anak hingga orang yang dewasa adalah game Arena of Valor, Mobile Legends, PUBG, Call of Duty Mobile, dll.

Game-game online ini merupakan game yang sangat digemari dan sangat populer di kalangan remaja. Oleh karena itu banyak yang suka ngegame daripada membaca berita dan sehingga yang pecandu game tidak ingat waktu. Game tersebut dapat berdampak negatif atau buruk dan terdapat juga berdapak positif atau baik tergantung dari diri sendiri. Berikut dampak negatif dari game online ini.

  1. Membuat kecanduan dan tidak ingat waktu

Dalam hal ini biasanya karena keseringan main game online sehingga tidak ingat waktu dan menyebabkan pecandu game online. Seperti halnya mencoba narkoba sehingga akan menimbulkan kecanduan. Game online juga hampir seperti narkoba yang diteruskan akan ketagihan tetapi mau ditinggalkan tidak bisa.

  1. Membuat seseorang menjadi malas belajar

Dalam hal ini seseorang jadi malas untuk belajar ataupun melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh seorang pelajar untuk belajar tetapi mereka sudah menggemari game online sehingga menurunnya aktivitas sehari-hari dan membuat merasa senang dengan gamenya itu, maka dari itu seorang pelajar lebih senang dan memilih untuk bermain game onlinnya saja dari pada melakukan belajar dan melakukan aktivitasnya.

  1. Pengaruh terhadap kesehatan

Karena sering bermain game online dan keasikan sehingga membuat seseorang tersebut lupa akan kesehatanya dan menyebabkan mata minus, stres atau gangguan jiwa, lupa makan karena keasikan ngegame dan seseorang menjadi sering begadang sehingga membuat kesehatanya menurun.

Dari beberapa dampak negatif  atau buruk diatas tersebut juga ada solusi agar tidak kecanduan lagi. Dan berikut ini dampak positifnya:

  1. Orang tua harus lebih memperhatikan atau mengawasi anaknya agar tidak kecanduan game online dan membatasi untuk bermain gadget hanya untuk bermain game online. Dan orang tua harus bisa membagi waktunya untuk bermain game online dan belajar ataupun aktivitas yang lebih bermanfaat supaya anaknya tidak kecanduan game online tersebut.
  2. Untuk mengisi waktu luang dan mengikuti lomba-lomba atau tournamen, salah satu kegiatan yang bermanfaat bisa menambah pengalaman dan mendapat hibura. Game online juga bisa menambah perstasi dalam mengikuti perlomaan juga harus dibutuhkan kerjasama tim dan strategi untuk memenangkan perlombaan atau tournamen tersebut.

Dari beberapa dampak buruk atau negatif dalam memainkan game online tersebut juga bisa diatasi dengan semestinya untuk bermain game dengan baik sehingga dapat mengikuti perlombaan yang bermanfaat dan bisa mendapatkan prestasi.

(Red/ Penulis:Nabila Prisma Anisa, Nim : 2018015289, Kelas : 3H, Prodi : PGSD, Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )