Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Perkembangan Prestasi Peserta Didik di Sekolah Dasar

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Lingkungan masyarakat, mendengar kata itu mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua.Karena kita sendiri berada dalam lingkungan masyarakat.

Entah kita berada di pedesaan, perkampungan atau perkotaan kita semua hidup di dalam suatu lingkungan dengan masyarakat lain.Karena pada hakikatnya lingkungan masyarakat merupakan lembaga pendidikan ketiga setelah pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Sedangkan konsep dari lingkungan masyarakat itu sendiri adalah masyarakat dapat diartikan sebagai satu bentuk tata kehidupan sosial dengan tata nilai dan tata budaya sendiri.

Dalam artinya masyarakat adalah wadah dan wahana pendidikan; medan kehidupan manusia yang majemuk (plural: suku, agama, kegiatan kerja, tingkat pendidikan, tingkat sosial ekonomi dan sebagainya).

Anak-anak dengan karakteristik yang suka meniru mudah sekali untuk terpengaruh dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.Sebagai orang tua seharusnya bisa menempatkan anak pada lingkungan yang baik agar anak juga terbawa pengaruh-pengaruh baik, karena pada dasarnya anak-anak mudah terpengaruh pada hal-hal yang ada disekitarnya.

Ketika dia bersekolah terkadang dia terpengaruh pada hal-hal negatif yang ada pada teman-temannya. Begitu pula ketika ia berada di suatu lingkungan masyarakat.

Lingkungan yang memiliki nilai-nilai positif tentu akan berpengaruh pada perkembangan anak tersebut, begitu juga sebaliknya.Pola pikir dan tingkah laku anak akan terbentuk seiring dengan situasi dan kondisi yang ada di lingkungan masyarakat sekitarnya.

Maka dari itu, peran orang tua harus sangat teliti pada anak-anaknya jangan sampai anak-anaknya terbebas dan tidak terkontrol.Orang tua bukan hanya mencari nafkah saja tetapi harus juga bisa meluangkan waktu untuk anaknya,karena pendidikan anak yang pertama berada di lingkungan keluarga.

Orang tua dapat mengawasi bagaimana perkembangan anaknya ketika dirumah, melihat dengan siapa saja anak bermain di sekitar lingkungannya,dan bagaimana situasi masyarakat yang mengelilingi anak tersebut.

Dengan begitu, maka anak-anak akan selalu terkontrol perkembangannya, baik di lingkungan keluarga maupun ketika anak-anak berada di lingkungan masyarakat. 

(Red/ Nama: Bambang Wibowo,NIM: 2018015131,Status: Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  )