Pengaruh Perkembangan Teknologi

Bogor Now

KORANBOGOR.vom,YOGYAKARTA-Perkembangan teknologi di era industri merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sekarang ini, perkembangan teknologi akan terus bejalan sesuai kemajuan dari kebutuhan masyarakat,karena itu teknologi merupakan alat membantu setiap pekerjaan dan alat yang di perlukan . setiap aktivitas yang dilakukan manusia.

Perkembangan teknologi yang pesat telah melahirkan berbagai jenis aplikasi yang sangat menarik di kalangan masyarakat baik itu di kalangan orang tua,remaja bahkan anak-anak.

Seperti yang kita ketahui banyak orang-orang berlomba-lomba dalam mengunduh aplikasi yang sangat populer dan menyita perhatian publik saat ini yang ini adalah game online .

Game ini diartikan secara  bahasa( berasal dari bahasa inggris) yang berarti permainan. Dengan adanya bantuan teknologi, kini game dapat diartikan secara luas yaitu permainan yang diprogrami  pada suatu perangkat yang dapat dijalankan secara offline maupun online.

Sedangkan game online yang sering digunakan untuk mempresstasikan sebuah permainan digital yang menarik pada zaman sekarang ini game online sering kita jumpai dikehidupan sehari-hari,walaupun sebagian orang beranggapan bahwa game online identik dengan komputer,namun game online ini ada di telepon genggam game online berguna untuk refreshing, di gunakan diwaktu yang senggang atau mengisi hari yang kosong dan menghilang kan rasa jenuh. 

Namun sekarang ini game online sering dimainkan oleh remaja dan anak-anak yang mendominasi memainkan game online ini adalah kalangan pelajar yang mulai TK,SD,SMP, dan SMA .

Hal ini akan berdampak ke dalam psikologi anak dan prestasinya dalam belajar, apalagi pelajar TK dan SD yang sudah di perkenalkan oleh orangtua nya dengan gadget.

Seharunya anak-anak harus melakukan permainan tradisional bersama dengan taman sebayanya karena ketika mereka sudah mengenal.

Gadget maka akan menyebabkan anak menjadi ketagihan. Ketagihan bermain game online berdampak bagi segi akademis yang membuat anak menjadi malas belajar.

Maka dari itu orang tua harus lebih cermat dalam memberikan testilitas bermain, gadget kepada anak karena akan menyebabkan banyak dampak negatif yang diantaranya berpengaruh terhadap moral anak dan perilaku sosialnya yang akan membuat mereka menjadi egois,selain itu anak malas belajar untuk bermain game online bahkan disaat belajar digunakan untuk bermain game,

Untuk membantu orangtua juga hilang karena sibuk dalam bermain game serta waktu pola makan yang terganggu dan dampak lain dari game online bisa mengarah kepada tindakan kriminal seperti mencuri untuk sekedar membiayai kebutuhan membayar paket internet untuk game online.

Selain dampak negatif , game online memiliki dampak positif yaitu seperti menambah teman, membuat pola pikir semakin cepat seperti dalam menentukan setrategi dalam permainan,mengurangi setres,melatih kesabaran dan ketangkasan.

Selain itu ada beberapa game online yang education untuk menambah pengetauhan dan pengembangan IQ otak anak serta meningkatkan memori anak.

Jadi oleh karena itu pentingnya peran orangtua mengawasi anak dalam bermain gadget serta perlunya kesadaran orang tua untuk tidak  mengenali gadget kepada anak yang masih usia dini.

Ketika anak sudah diperkenalkan dengan gadget maka orang tua harus mampu membatasi serta memberi waktu jadwal anak belajar,istirahat dan bermain game online,karena tidak semua game online,karena tidak semua game online itu berdampak buruk,namun memiliki dampak negatif yang sangat buruk yang membuat anak malas belajar sehingga menghambat pendidikan dan masa depan

(Red/ Adistha Birmang Jaya,Nim: 2018015211.Status  : Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa)