Pentingnya Menanamkan Sikap Disiplin Sejak Dini

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Sikap disiplin harus kita tananamkan pada anak sejak dini supaya anak dapat terbiasa hidup disiplin. Karena menanamkan sikap disiplin pada anak sejak dini akan banyak manfaatnya kelak ketika anak itu tumbuh dewasa.

Mengapa kita perlu menanamkan sikap disiplin pada anak ? karena bersikap disiplin itu sangatlah penting untuk pedoman hidup anak, karena bersikap disiplin itu adalah salah satu kunci dari kesuksesan.

Salah satu dari contoh sikap disiplin adalah tepat waktu. Misalnya ketika kita berangkat sekolah anak di ajarkan untuk berangkat lebih awal. Ketika anak mempunyai tugas langsung di suruh untuk mengerjakannya.

Tingkat disiplin anak berguna untuk masa depan anak. Misalnya, ketika berangkat sekolah agar tidak tergesa-gesa dan tidak terlambat masuk sekolah dan ketika ada PR anak tersebut tidak lupa akan PRnya. Hal ini dilakukan untuk melatih anak dalam sikap tanggung jawab dan disiplin.

 Maka dari itu kita sebagai pendidik harus bisa menanamkan sikap disiplin kepada anak didik supaya menghasilkan generasi-generasi yang mempunyai jiwa kedisiplinan tinggi dan menghasikan generasi-generasi yang tauladan.

(Red/Novita Della Gunita Sari, Mahasiswa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)