Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Ditahun 2019 ini revolusi indudtri 4.0 lagi ngehitz banget kan guys ? Yapppp revolusi industri 4.0 biasa diperbincangkan di sekolah, kampus, di masyarakat maupun dimedia sosial.

Saya juga disini akan sedikit menjelaskan tentang revolusi industri 4.0, Revolusi industri adalah perubahan besar  dan radikal terhadap bagaimana cara manusia memproduksi suatu barang. Kemudian apasih pendidikan karekter itu ? 

Pendidikan karakter merupakan upaya awal  murid untuk menciptakan karakter pribadinya  yang berguna untuk dirinya dan lingkungannya, hal ini  mengarah pada pembentukan budaya sekolah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipraktekan oleh semua warga sekolah.

Karena kebudaayan sekolah merupakan ciri khas atau karakter dan watak  sekolah tersebut dimata masyrakat lain.

Dengan demikan, pentingnya pendidikan karakter berperan sangat penting dalam memacu pendidik untuk menghasilkan anak-anak bangsa yang sanggup menempatkan diri ditengah perubahan yang cepat dan masyarakat yang global.

Pendidikan karakter sangat penting karena menusia diharapkan mempunyai karakter yang bijak dalam menggunakan teknologi yang baik.

Selain itu,  guru harus mempersiapkan berbagai strategi untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma atau kebiasaan yang diampunya.

Guru juga dapat memberikan contoh yang baik misalnya pada pukul 06.30 guru sudah berada disekolah untuk menerapkan sikap displin kepada siswa dalam belajar disekolah atau bisa juga kehadiran guru yang demikian juga merupakan komitmen yang diterapkan disekolah sebagai budaya sekolah.

Alangkah baiknya pendidikan karakter ditanamkan sejak dini kepada siswa misalnya di pendidikan sekolah dasar agar semua masyarakat dapat mensejahterahkan bangsa sejak kecil dengan mempunyai akhlak yang baik dan bijak dalam menggunakan teknologi.

Pendidikan karakter yang dapat ditanamkan sejak dini pada siswa sekolah dasar misalnya penanaman karakter religious, cinta kebersihan dan lingkungan , sikap jujur dan lain-lain.

(Red/Wulan Rizqi Janati Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta )