Pentingnya Pendidikan Multikultural di Indonesia

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan Multikultural adalah sebuah ide dan gerakan pembaharuan pendidikan juga sebuah proses pendidikan dimana Tujuan utamannya adalah untuk mengubah struktur lembaga pendidikan agar semua mendapatkan kesempatan yang sama juga dapat menanamkan rasa toleransi bagi sesama walau berbeda-beda Suku,agama, ras dan adatnya (SARA).

Dengan adanya pendidikan Multikultural dapat menanamkan rasa peduli terhadap sesama, Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya budaya apalagi Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya.

Indonesia terdiri 714 Suku dan ada 1.001 Bahasa daerah yang berbeda-beda maka dari itu dengan adanya Pendidikan Multikultural dapat memberikan pemahaman dan menanamkan rasa toleransi terhadap orang lain.

Siswa juga dapat memahami arti pentingnya menghargai dan juga mengetahui perbedaan yang ada di sekelilingnya.

Multikultural haruslah dipandang sebagai suatu proses bukan suatu yang langsung dapat dicapai dengan proses yang cepat 

Pendidikan Multikultural ini melatih siswa bisa menghormati dan toleransi dengan perbedaan di sekelilingnya.Maka dari itu pendidikan Multikultural ini di nilai sebagai suatu cara atau jembatan menuju kehidupan masyarakan yang damai dan suatu usaha untuk menghindari perpecahan.

(Red/  Vitry Rayani Bethesda Saragih dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Prodi PGSD )