Perlunya Open Minded Untuk Generasi Muda

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Semakin majunya jaman memudahkan kita untuk memperoleh berbagai informasi dari berbagai belahan dunia.Untuk itu mengharuskan kita untuk terus berkembang dan belajar sesuai dengan kemajuan jaman tersebut sehingga mengahasilkan sumber daya manusia yang tinggi.

Karena dengan semakin pesatnya kemajuan jaman pekerjaan yang awalnya dapat dilakukan oleh manusia dapat digantikan oleh robot. Hal ini disebabkan karena kita telah memasuki revolusi industry 4.0. 

Kualitas sumber daya manusia tidak dibarengi dengan semakin majunya jaman. Suatu sumber daya manusia yang dikatakan baik yakni dapat menggerakkan suatu perubahan jaman kearah yang lebih pesat dan baik, dengan adanya ide-ide, maupun inovasi terbaru.

Untuk itu diperlukan pemikiran yang terbuka dari setiap orang untuk mencapai kemajuan tersebut. Atau dengan kata lain disebut dengan Open Minded.

Open minded adalah seseorang yang memiliki pemikiran yang luas (tidak hanya menerima dari satu sudut pandang saja tetapi dari berbagai sudut pandang), mau menerima ide-ide, pemikiran, dan pandangan baru dari orang lain yang berbeda dengan dirinya sendiri. 

Dengan adanya Open Minded memberikan banyak manfaat bagi setiap orang yakni lebih terbuka dengan adanya pendapat-pendapat baru yang ada disekitar kita baik berupa saran atau kritik yang sifatnya membangun atau bisa saja hal tersebut memang benar.

Selain itu, dapat meningkatkan toleransi diantara sesama manusia walau berbeda pendapat tetapi tetap satu yang biasa disebut dengan Bhineka Tunggal Ika.

Namun, ketika kita sudah menerima atau mendengarkan pandangan orang lain tidak serta merta membuat kita menerima semua pandangan tersebut, diperlu adanya penyaringan mana yang baik dan mana yang buruk. Yang paling penting adalah kita menerima dan menghargai berbagai pandangan orang lain. 

Ketika kita tidak memiliki pemikiran yang open minded kita mudah untuk menyalahkan orang lain yang berbeda pendapat dengan kita, menjadi pribadi yang minim akan informasi, dan memiliki sifat egois karena merasa pendapatnya yang paling benar sendiri.

Semakin majunya jaman kita tidak dapat mencegah adanya arus globalisasi tapi dengan adanya arus globalisasi memudahkan kita untuk mengetahui pandangan orang lain dari berbagai belahan dunia karena adanya kemudahan dalam memperoleh informasi.

(Red/  Isna Hany Nizam Kholilah dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )