PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI INDONESIA 

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Indonesia semakin hari kualitas pendidikannya semakin rendah. Bedasarkan survey united nation educational,scientific and cultural organization(unesco),terhadap kualitas pendidikan di Negara-negara berkembang di asia pacific,Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara.sedangkan unuk kualitas para guru,kualitasnya berada pada level 14 dari 14 negara berkembang.

Kualitas pendidikan Indonesia yang rendah itu juga ditunjukkan data Balitbang (2003) bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary Years Program (PYP).

Dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya delapan sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program (MYP) dan dari 8.036 SMA ternyata hanya tujuh sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Diploma Program (DP).

Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam.

Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000),Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia.

Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.

Penyebab Tantangan zaman saat ini semakin berkembang dan semakin maju, perkembnagan  zaman tidak hanya berdampak pada teknologi, namun juga pada pendidikan. Pendidikan pun semakin besar tantangannya dan persaingan antar nrgara juga semakin tinggi untuk menjadi semakin lebih baik. Pendidikan di indonesia pun tak luput dari tantangan tersebut.

  Saat ini masih banyak permasalahan pendidikan di indonesia yaitu:

1.Rendahnya kualitas guru
2.Kurangnya sarana pembelajaran
3. Rendahnya kesejahteraan guru,
4. Rendahnya prestasi siswa


5. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
6. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,
7. Mahalnya biaya pendidikan.

Cara melaksanakan pendidikan di Indonesia sudah tentu tidak terlepas dari tujuan pendidikan di Indonesia, sebab pendidikan Indonesia yang dimaksud di sini ialah pendidikan yang dilakukan di bumi Indonesia untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Pengembangan pikiran sebagian besar dilakukan di sekolah-sekolah atau perguruan-perguruan tinggi melalui bidang studi yang mereka pelajari. Pikiran para siswa/mahasiswa diasah melalui pemecahan soal-soal, pemecahan berbagai masalah, menganalisis sesuatu serta menyimpulkannya.

Solusi dari saya untuk permasalahan tersebut secara garis besar yang dapat diberikan yaitu

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam  segala bidang.

Salah satu cara yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.

Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia yang terlahir akan semakin baik mutunya dan akan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia internasional.

Solusi lainnya adalah dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Seperti sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi.

Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini, yang berprinsip antara lain meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik,termasuk pendanaan pendidikan Rendahnya prestasi siswa, misalnya,diberi solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran bukan dengan meningkatkan jam belajar yang berlebihan karena setiap pelajar memiliki kemampuan yang berbeda dan sudah banyak di penuhi pembelajaran di luar sekolah, tetapi harus juga meningkatkan alat-alat, sarana dan prasarana pendidikan.

Harapan

Dari apa yang sudah saya baca mengenai “Permasalahan Pendidikan di Indonesia”
yaitu agar pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan semakin membaik. Dengan syarat perubahan di lakukan dari diri sendiri untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi. 

Dan pemerintah tidak hanya merubah suatu sistem begitu saja tetapi harus melihat kondisi siswa/siswi yang menjalankan pendidikan itu sendiri.

Yang akan saya lakukan untuk pendidikan Indonesia

Adalah menanamkan kesadaran diri untuk mempunyai rasa bahwa betapa pentingnya pendidikan dan selalu bersyukur bahwa kita masih bisa terus mengejar pendidikan yang lebih baik.

Maka dari itu saya akan terus belajar dan belajar untuk mencapai pendidikan yang terbaik hingga saya bisa mempunyai banyak ilmu pengetahuan dan puji tuhan apabila saya bisa saya akan membuka sekolah kecil khusus untuk orang-orang yang kurang beruntung untuk saya berbagi ilmu kepada mereka. Maju terus pendidikan Indonesia!

(Red/ penulis: Stevania Astuti Fricinasari, Nim: 2018015150, Prodi: PGSD 3D, Status: Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)