PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakan hal yang sangat penting yang harus dijalani atau dilakukan oleh setiap orang , kesadaran akan pentingnya pendidikan nantinya akan menentukan kualitas kesejahteraan lahir batin dan masa depan setiap individu .

Pendidikan di Indonesia di dukung oleh pemerintah dan pendidikan sekolah di jaman sekarang sudah mulai sedikit maju “ maju dalam artian “ Fasilitas-fasilitas yang penting untuk memenuhi kebutuhan pendidikan sudah mulai terpenuhi .

Ya , walaupun masih banyak sekolah-sekolah yang berada di suatu daerah terpencil yang masih jauh dari kata layak,fasilitasnya yang belum tersedia , gedung untuk sekolah pun terbilang masih tidak layak untuk digunakan .

Mungkin pemerintah sadar akan hal tersebut tetapi hanya saja belum terlaksana untuk pembangunan-pembangunan dan memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih layak untuk digunakan .

Pendidikan merupakan hak setiap warga negara , namun masih ada dari mereka yang belum mendapatkan hak tersebut .

Saat ini peluang terbesar untuk memperoleh pendidikan yang baik hanya anak yang memiliki ekonomi yang terbilang ekonomi keatas dan pintar , dengan memilki ekonimi yang cukup menjadi faktor pendukung untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik .

Karena memiliki ekonomi yang tinggi dan pintar tersebut mereka berpeluang besar memasuki sekolah-sekolah elit , yang berstandar nasional maupun internasional .

Hal tersebut sangat meciptakan lingkungan yang kondusif karna di dukungnya dengan cara berfikir yang bagus , fasilitas yang tersedia di sekolahnya sangat lengkap serta lingkungan-lingkuangan di sekolah yang sehat .

Di Indonesia sendiri memiliki sistem pasar yaitu bagi mereka yang memilki uang banyak maka mereka akan mendapatkan pendidikan yang sangat layak , sebenarnya hal itu tidak boleh terjadi karena di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang ingin bersekolah tetapi tidak memiliki dana uang yang cukup .

Jika dipikir-pikir pemerintah sudah melakukan diskriminatif yang sangat menyulitkan rakyat yang miskin untuk mengakses dunia pendidikan .

Karena hal tersebutlah banyak masyarakat miskin di Indonesia tidak bisa mengenyam pendidikan seperti yang mereka inginkan , pengetahuan yang mereka milki sangatlah minim , cara berfikir mereka pun tidak maju karena tidak ada jiwa pendidikan di dalamnya .

Padahal hal tersebut akan membuat Indonesia semakin terlihat buruk di dalam urusan pendidikan.dan semakin tahun akan bertambahnya pengangguran yang ada di Indonesia karena di jaman sekarang jika ingin mencari kerja minimal harus memiliki ijazah SMA , ijazah SMA itupun terkadang sudah tidak dipakai lagi . 

(Red/ Meila Aliza dengan NIM 2018015099 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar )