PULAU BELITUNG BAGAIKAN SURGA

Bogor Now Kuliner Wisata

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar Pulau Belitung. Sebuah pulau kecil yang dikelilingi lautan itulah Belitung atau yang biasa disebut dengan Negeri Laskar Pelangi.

Letaknya di lepas pantai timur Sumatra yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Karena kecilnya pulau ini, sehingga di Belitung hanya ada 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Yah,Belitung bisa dikatakan sebagai surga bagi turis lokal maupun turis mancanegara karena banyak tempat wisata yang cantik dan wajib dikunjungi ketika jalan-jalan ke Belitung, diantaranya :

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini adalah wisata favorit dan terkenal di Belitung, yang digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini memiliki ratusan batu granit besar yang berukuran besar dan tersebar disekitar pantai dan di kedua semenanjnung didekatnya. Perpaduan hamparan pasir putih, batuan granit serta air laut yang tenang menciptakan panorama pantai dengan keindahan yang sempurna. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari kota yang berjarak 31 km dari kota Tanjung Pandan ibukota Kabupaten Belitung.

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan mascot dari Sail Wakatobi-Belitung 2011. Pantai ini juga terdapat batuan granit dan hamparan pasir putih nan cantik.

  1. Pulau Lengkuas

Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung yang letaknya disebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Yang menarik dari pulau ini adalah mercusuar tua yang menjulang tinggi ditengah-tengah pulau ini, dan jika melihat pantai dari puncak mercusuar kita akan melihat indahnya pantai serta bebatuan granit, hamparan pasir putih dan dihiasi oleh terumbu karang yang sangat indah. Disini juga tempat yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

  1. Pulau Pasir 

Jika anda pergi ke Pulau Lengkuas pasti anda akan melewati Pulau Pasir. Pulau Pasir merupakan tumpukan daratan yang terdiri dari pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau dan akan ada banyak sekali wisatawan yang singgah di pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan untuk melihat pemandangan di pulau ini, namun jika air laut pasang maka pulau ini akan tenggelam dibawah air laut. 

  1. Replika SD Laskar Pelangi

Jika anda jalan-jalan ke Belitung anda wajib mengunjungi replika SD Laskar Pelangi. Disana anda bisa berfoto-foto dan melihat sekolah yang dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi dan juga di sekolah ini memiliki hamparan pasir putih. Pulau Belitung juga sering di sebut dengan Negeri Laskar Pelangi. 

Indahnya ciptaan yang Tuhan berikan kepada kita dan kita sebagai makhluknya harus mensyukurinya. Cara kita untuk mensyukurinya adalah dengan menjaga dan merawat ciptaan tersebut seperti tidak membuang sampah sembarangan di pantai agar pantai tersebut tetap bersih, menjaga keasrian pantai, tidak merusak terumbu karang dan lain sebagainya.

(Red/Maya Ronika Valentina Siagian,NIM : 2018015219Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )