Selalu Berpikir Positif Untuk Meraih Masa Depan Yang Lebih Baik

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Berpikir positif adalah memikirkan hal-hal yang baik dalam segala hal yang terjadi pada kita saat ini baik itu hal yang buruk mau pun baik, karena segala yang terjadi pasti ada hikmahnya, hilangkan pikiran negatif yang ada dalam pikiran.

Untuk mencapai masa depan yang lebih baik itu mudah tetaplah berpikir positif, sehingga dalam menjalankan kehidupan pun terasa nyaman, tenang, damai, dan tidak gelisah. 

          Jangan terlalu bersedih dan tetap berpikir positiflah pada masa depan yang belum terjadi dan juga tetap berpikir positif pada sang pencipta , karena didalam Al-Qur’an  Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah kamu merasa lemah, dan jangan pula

bersedih hati, sebab kamu paling tinggi derajatnya,

Jika kamu orang yang beriman.” (QS. Ali Imran :Ayat 139).

Cara agar kita tetap selalu berpikir positif supaya hidup ini selalu lapang dan tenang, tanpa ada kegelisahan. Melatih diri sendiri selalu berpikir positif, melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat hati kita senang atau bisa juga dengan mengembangkan hobi misalnya dibidang seni, bermain bola, dan lain sebagainya. 

           Bisa juga dengan mengikuti kegiatan lainnya seperti organisasi yang membuat kita tidak merasa sepi dan tidak merasa bosan. Bergaul dengan orang-orang yang positif, jangan terlalu sering bergaul dengan orang-orang yang banyak mengeluh. Karena orang-orang yang ada disekitarmu sangat berpengaruh bagi dirimu sendiri. 

         Kemudian kita harus banyak mensyukuri apa yang kita miliki, karena apa yang kita miliki belum tentu orang lain memilikinya. Contoh sederhanannya kita punya HP baru dan bagus, mungkin orang diluar sana belum tentu punya HP sebagus itu. 

         Selalu ikhlas menerima apa pun yang terjadi dan juga bisa menerima masa lalu yang menyakitkan, karena itu masa lalu dan juga sudah berlalu tidak perlu kita larut dalam masa lalu yang sudah terjadi, cukup kita perbaiki saja. Sekarang mulailah memperbaiki keadaan, jalani hidupmu dengan positif.

        Dan juga yang terakhir fokus, fokus pada tujuan kita bahwa kita diizinkan Tuhan hidup didunia ini pasti punya tujuannya, jangan menganggap hidup ini tidak ada gunanya, kita manusia pasti ada gunanya atau bermanfaat untuk orang lain mungkin dari pengalamannya atau ilmunya.

      Ayo teman-teman yakin dan percayalah bahwa kita pasti bisa selalu berpikir positif dalam keadaan apapun itu. Semoga tulisan ini bisa mengurangi pikiran-pikiran negatif yang ada dipikiran kita, dan juga semoga bermanfaat bagi kita semua. 

(Red/Hanita,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, prodi PGSD )