TIPS HEMAT ALA ANAK RANTAU

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Hay guys apakah kalian pernah merasakan jadi anak rantau yang sangat boros,apalagi anak rantau yang sedang kuliah, tentu kalian pasti ingin kan jadi anak rantau yang hemat dan suka menabung. Jadi sebelum aku kasih tips nya,aku akan menjelaskan apa itu anak rantau?

Jadi anak rantau itu adalah mereka yang tinggal jauh dari orang tua, keluarga, dan menetap sementara di suatu daerah. Itu menurut google

Tapi menurut aku anak rantau itu, mereka yang sedang mengejar cita” dan mereka yang sedang menuntut ilmu untuk masa depan yang cerah, cieee cerah!! Kyak uda yakin aja😄 tapi se cerah”nya pasti sering mengalami pemborosan,maklum namanya juga manusia,pasti ada khilaf yang di sengaja maupun tidak di sengaja .. Hihi…

Apalagi nih,kalo sudah menyangkut tentang keperluan diri sendiri,behhh pusing dah, kamu harus pintar dalam mengatur keuangan dan hidup hemat. Kamu juga harus ekstra pintar mengeluarkan uang untuk? membayar uang kos, uang makan,uang jalan dan sebagainya,Hhhh jangan terkejut ya, y begitu kehidupan anak rantau,tapi nggak apa-apa karna ada aku yang akan membagikan tips hemat ala anak rantau.

1. Cari tempat tinggal yang dekat dari kampus

Nah kalo bisa, carilah tempat tinggal yang sangat dekat dengan kampus mu,kalo sudah menemukan nya,cari lah yang paling murah, memang susah mencari yang murah,tapi kalo kamu keliling” mencarinya pasti akan ketemu kos yang paling murah di daerah mu. lumayankan jadi kamu bisa menghematkan alat transportasi mu dengan berjalan kaki dari kos mu ketempat kampus.

2. Buat tabel pengeluaran anak rantau

Banyak yang membuat tabel pengeluaran ternyata ampuh untuk menghemat pengeluaran uang kamu setiap bulan loh. Kamu jadi labih tempe eh maksudnya tahu pengeluaran apa yang harus diutamakan dan menjadi lebih teliti dalam membagi uang. Kamu juga bisa melihat untuk apa uang yang kamu keluarkan dalam satu bulan. Apakah kamu sudah mengeluarkan uang mu untuk hal yang penting atau tidak, agar tidak ada keteledoran di bulan bulan selanjutnya.

3. Membuat daftar belanja bulanan

Nah membuat daftar belanja bulanan ini sangat penting,agar tidak terjadi kehilafan dalam menggunakan uang, Kenapa? Karna ketika kamu tidak membuat daftar belanja kamu akan semenah-menah menggunakan uang sampai belum saatnya kamu di kirim uang bulanan,uang yang kamu miliki pun sudah kamu habiskan,nah maka dari itu kamu harus mencatat apa saja yang kamu perlukan dan belanjakan barang-barang yang hanya ada di catatan saja. Usahakan untuk tidak membawa trolly yang tidak terlalu besar agar kamu tidak tergoda memasukkan barang-barang lain yang sebetulnya kurang kamu butuhkan,Dan biasakan belanja sekaligus sekali saja dalam sebulan.

4. Membeli dan Masak makanan sendiri

Siapa sih yang tahan tidak membeli makanan di luar, apa lagi makanan yang kita suka, itu adalah salah satu hal yang paling susah bukan,tetapi kamu harus belajar untuk tidak selalu membeli makanan dari luar karena bisa membuat pengeluaran mu makin tidak terkontrol. Coba saja kamu hitung berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk makan setiap harinya? Nah maka dari itu kamu harus membeli dan memasak makanan sendiri,agar pengeluaran mu menipis setiap harinya.

Kalau semisalnya kamu belum bisa masak nih,setidaknya kamu bisa memasak nasi dong,dengan begitu kamu bisa membeli lauk di warung-warung sekitar kos mu,usahakan tidak membeli lauk begitu banyak,1 atau 2 lauk pun sudah cukup untuk menu makanan mu dalam satu hari.

5. mencuci baju

Kamu pasti pernah mengalami hal yang satu ini,males mencuci baju,iya kan? nah karna seringnya males-malesan yang membuat baju menumpuk,dan ketika mau melihat baju yang begitu menumpuk,rasa malas itu pun makin besar. 

Nah kamu harus tau mencuci pakain itu nggak ribet dan menyita waktu kok. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu selama satu jam aja setiap dua atau tiga minggu sekali. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang sebenarnya masih bisa kamu lakukan sendiri, terutama mencuci baju mu sendiri. 

6. Menabung

Nah,ini nih ini,yang paling penting dan paling susah di lakukan,iya menabung, menabung memang paling mudah,tapi juga paling susah untuk di lakukan,akan tetapi agar kamu bisa merelakan uang mu untuk di tabung, kamu bisa melakukan nya selepas orang tua mu mengirim uang pada awal bulan untuk mu, sisikan uang jajan mu 5/10 % untuk kamu tabung, tapi dalam arti kamu sudah membuat target pengeluaran bulanan mu agar kamu tidak kesusahan di akhir bulan.                                                    

Dan uang yang sudah kamu tabung bias kok kamu pakai 3 atau 6 bulan sekali,atau kalau kamu mempunyai keinginan yang lebih,kamu bisa menabung agak lebih lama lagi agar keinginan mu tercapai.

Nah setelah kamu melakukan tips-tips yang aku kasih, kamu sudah pasti tidak akan kesusahan menjadi anak rantau lagi. hihihi                                     

Kuncinya, kamu harus bisa menahan diri dan tidak tergoda untuk menghaburkan uang. Selain itu,kamu jangan lupa jaga kesehatan juga ya guys,karna kesehatan itu penting. Jangan sampai karena kamu terlalu hemat, kamu jadi kekurangan gizi dan sakit.

Dan pada waktu yang tepat kamu akan bisa berbelanja apa yang kamu mau dengan menggunakan uang tabungan mu sendiri. oke guys 

Semoga tips dari aku bisa bermanfaat untuk para anak-anak rantau yang lagi berjuangan mengejar cita-cita. Semangat!!

(Red/ Engga Listia Niyangsih,Nim:2018015212,Kampus: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )