Tips Mencegah Bau Badan dan Keringat Berlebih

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Saat menginjak usia remaja, kita akan mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual atau orang sering menyebutnya sebagai masa pubertas.

Mulai banyak permasalahan yang akan para remaja hadapi terutama saat masa-masa puber ini. Salah satunya adalah masalah kepercaya dirian, terlebih lagi saat mereka sudah memiliki rasa ketertarikan kepada lawan jenis.

Mereka sering merasa tidak puas akan penampilannya sendiri dan berusaha melakukan yang terbaik untuk membuat lawan jenis tertarik kepada mereka.

Ada banyak sekali hal yang sering mereka khawatirkan soal penampilan, salah satu yang sering kita temui adalah masalah bau badan. Tentu saja semua orang tidak ingin memiliki bau badan yang tidak sedap dan keringat yang berlebihan. Maka dari itu, dibawah ini adalah tips bagaimana mencegah bau badan dan keringat berlebih pada tubuh kita.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Jika menginginkan badan kita bebas dari bau yang tidak sedap, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan diri kita sendiri dengan cara mandi yang bersih dan teratur menggunakan alat mandi yang bersih juga tentunya.

Dengan mandi secara teratur tentu kita dapat mencegah bau badan dan mengurangi jumlah bakteri pemicu keringat pada tubuh kita. Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan badan dengan benar.

Karena jika badan kita masih basah dan langsung menggunakan pakaian, maka bagian badan yang basah tadi justru akan lebih cepat mengundang bakteri-bakteri yang memicu munculnya keringat berebih dan bau badan yang tidak sedap. Dan jika badan kita sudah kering dengan benar, pakailah pakaian yang bersih dan yang mudah menyerap keringat.

  1. Gunakan Deodorant atau Antiperspirant

Sebelum memutuskan untuk membeli produk deodorant atau antiperspirant, kenali dulu masalah ketiak kita. Jika kita memiliki masalah dengan bau badan maka deodorant adalah pilihan yang tepat.Karena deodorant memiliki fungsi untuk mengontrol bau badan.

Sementara itu, jika masalah kita adalah keringat yang berlebih maka kita seharusnya memilih antiperspirant. Karena antiperspirant memiliki fungsi mengontrol dan mencegah produksi keringat berlebih dalam tubuh.

Lalu bagaimana jika kita memiliki kedua maslah tersebut? Tenang saja, karena sekarang ini sudah banyak brand yang menawarkan produk deodorant dan antiperspirant dalam satu wadah dan tentu saja dengan harga yang terjangkau dan mudah kita dapatkan di minimarket terdekat. Jadi kita tidak perlu khawatir jika memiliki kedua masalah ketiak tersebut.

  1. Hindari Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Memicu Bau Badan

Sering kali kita tidak sadar bahwa ternyata makanan yang sering kita konsumsi salah satunya atau bahkan hampir semua yang kita konsumsi adalah pemicu bau badan.

Maka jangan heran jika kita sudah melakukan tips pada nomor satu dan dua tetapi bau badan dan keringat berlebih masih menghantui tubuh kita. Makanan dan minuman yang dimaksud adalah bawang-bawangan, minuman beralkohol, daging merah, junk food, kafein, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, pandai-pandailah kita dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi agar kita terhindar dari bau badan yang tidak sedap.

  1. Memilih Parfum yang Senada dengan Aroma Deodorant atau Antiparspirant 

Sebelum kita membeli parfum, pilihlah parfum yang memiliki aroma senada dengan deodorant atau antiperspirant yang kita miliki agar tidak menimbulkan percampuran aroma yang aneh jika dipakai.

Tentu kita tidak ingin kan jika tubuh kita mengeluarkan aroma yang aneh? Walaupun itu bukan bau yang tidak sedap tetapi pasti aroma aneh itu akan sangat mengganggu indra penciuman kita maupun orang lain.

Jadi itulah tips untuk menghilangkan bau badan dan keringat berlebih di tubuh kita. Cukup mudah dan murah untuk dipraktekan bukan? Kita tidak selalu perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk meningkatkan rasa percaya diri kita.

Asalkan kita bisa merawat tubuh kita secara rajin dan teratur maka kita akan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

(Red/Penulis: Puspitasari Kartika )