Tumbuhkan Minat Baca dan Berpikir Kreatif Pada Siswa SD

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Menurut kamus besar bahasa indonesia pendidikan adalah proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan,proses, perbuatan, cara mendidik.

Jika dilihat dari struktur kata, pendidikan berasal dari kata didik atau mendidik yang dapat diartikan sebagai memelihara dan memberi latihan (ajaran, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Pengertian membaca menurut kamus besar bahasa indonesia yaitu: 

  1. Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati) 
  2. Mengeja atau melafalkan apa yang tertulis; 
  3. Mengucapkan 
  4. Mengetahui; meramalkan 
  5. Memperhitungkan; memahami

Pengertian kreatif atau kreatifitas menurut kamus besar bahasa indonesia  memiliki arti sesuatu yang memiliki kemampuan untuk menciptakan; menciptakan daya cipta atau bersifat (mengandung) daya cipta. Pekerjaan yang menuntuk imajinasi dan kecerdasan.

Cara menumbuhkan minat baca pada anak yaitu dengan cara membiasakan anak untuk membaca setiap pagi hari anak di beri waktu khusus untuk membaca,mengajak anak untuk berkunjung ke perpustakaan ,pada hari tertentu anak di beri waktu untuk membaca dongeng atau cerita di depan kelas serta di beri pertanyaan apa isi pesan dari dongeng yang sudah di baca.

Cara menumbuhkan minat berfikir kreatif pada anak yaitu dengan cara menyuruh anak untuk membuat dongeng atau cerita berdasarkan pengalaman di kehidupannya atau pengalaman selama liburan.

Setelah itu, di tukar dengan teman sebangku atau dengan teman sebelahnya untuk meneliti atau membaca serta menyuruh anak untuk mengomentari apabila terdapat kata atau kalimat yang tidak baku dan menggolongkan kalimat satu dengan yang lain terdapat di masing-masing kelompok.

(Red/Martina Sri Ratnaningsih )