Tumbuhkan Sikap Disiplin Untuk Mengahadapi Full Day School

Bogor Now

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi semua orang, apalagi generasi   milenial saat ini, banyak orang tua yang menganggap pendidikan adalah suatu hal yang paling utama, karena didunia saat ini sangat memerlukan orang-orang yang perpendidikan dan berketerampilan.

Hal tersebut dikarenakan pendidikan yang tinggi dan orang-orang yang cerdas maka dapat membangun dan memajukan bangsa dan negara menuju lebih baik.

Pendidikan di Indonesia sendiri untuk saat ini dapat dikatakan sangat baik, karena di Indonesia saat ini telah diberlakukan program wajib belajar 12tahun, setiap anak di haruskan menempuh pendidikan minimal hinggal tingkat SMA/SMK.

Begitu pula diberlakukannya program 5 hari sekolah (full day school) program pemerintah ini bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan bakat masing-masing peserta didik karena untuk menjadikan peserta didik yang sukses maka bukan hanya soal belajar disekolah saja namun juga bagaimana siswa tersebut dapat mengembangkan bakatnya, dengan diadakannya program 5 hari sekolah ini siswa harus dapat menumbuhkan sikap disiplin supaya dapat membagi waktu antara belajar dan mengembangkan bakat masing-masing siswa. 

Disiplin sendiri merupakan suatu hal apabila seseorang mengerjakan sesuatu dengan tertib, memanfaatkan waktu untuk kegiatan-kegiatan yang positif, juga merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk menjalankan peraturan dengan semestinya.

Pentingnya menumbuhkan sikap disiplin pada siswa tersebut karena pada zaman ini orang tidak hanya akan melihat seberapa tinggi pendidikan yang telah diraih namun juga seberapa disiplinkah orang-orang tersebut saat melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan, maka menumbuhkan sikap disiplin pada siswa (peserta didik) sangat penting, dengan menanamkan sikap disiplin pada siswa maka proses belajar dapat termanajemen dengan baik. Siswa dapat memanajemen waktu untuk belajar dan untuk mengembangkan bakatnya secara tersusun.

Program 5 hari sekolah yang telah diberlakukan kurang lebih 2 tahun terakhir ini dihimbaukan untuk siswa lebih mandiri dalam belajar karena pada kurikulum 2013 ini peran guru hanya sebagai fasilitator maka siswa diharapkan lebih mandiri untuk mencari sumber-sumber belajar. 

Cara menanamkan sikap disiplin yang sangat penting tersebut bukan hanya dilakukan disekolah saja namun para orangtua juga harus ikut andil dalam melatih kedisiplinan siswa(anak),disiplin dapat terbentuk dan melekat pada anak ketika anak melakukannya dengan terus-menerus dan bertahap setiap waktu hal tersebut dapat menjadi kebiasaan anak dan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan siswa(anak), contohnya seperti tidak menunda-nunda saat ada kegiatan atau pekerjaan,mengerjakan PR setelah pulang sekolah tanpa menunda waktu mengerjakannya saat akan dikumpul saja, atau langsung memindahkan piring kotor miliknya dan segera mencuci setelah selesai makan. Sikap dan kegiatan yang disiplin tentunya akan membuat siswa(anak) menjadi lebih teratur.

 Penerapan full day school dapat membangun kedisiplinan siswa apabila sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan supaya siswa tidah mudah bosan, sekolah juga harus dapat membiasakan siswa agar tertib aturan yang dibuat sekolah.

Selain itu penerapan full day school bertujuan agar siswa memiliki waktu (sabtu dan minggu) untuk mengembangkan bakatnya,contohnya mengikuti ekstrakulikuler yang siswa minati, atau juga siswa memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga agar sikap disiplin juga terlaksana di dalam kehidupan keluarga.

(Red/ Ikasari Mahartati, NIM: 2018015162, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )