Tips Merawat Rambut Agar Tetap Berkilau Dimasa Pandemi Corona

Kecantikan

KORANBOGOR.com-Pandemi virus Corona atau Covid-19 tidak bisa menghalangi kaum hawa untuk melakukan perawatan rambut agar tetap berkilau dan lembut. Tidak perlu pergi ke salon untuk menjalani aktivitas ini, tetapi cukup di rumah saja dengan biaya yang lebih murah.

Meski bekerja di rumah, semua perempuan harus meluangkan waktu untuk memanjakan diri dengan cara melakukan perawatan wajah hingga rambut agar terlihat berseri dan bersinar sepanjang hari.

Dilansir dari Boldsky, Berikut Tagar rangkum tips menjaga rambut tetap berkilau selama pandemi Covid-19.

  1. Memakai Masker Rambut
    Memakai masker rambut sebaiknya dilakukan seminggu sekali. Para perempuan harus memperhatikan cara penggunaan masker tersebut agar rambut tidak kering dan berkilau.

Sebaiknya gunakan masker rambut yang bersifat melembapkan dan tahan semalaman. Pada pagi hari, cuci rambut dengan sampo bebas sulfat. Kemudian serap air sisa pada rambut dengan kain halus atau handuk yang lembut.

Ingat, jangan menggunakan conditioner ketika sedang melakukan perawatan dengan masker rambut. Selanjutnya, biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Lalu perhatikan rambut akan terlihat sehat dan berkilau.

  1. Mencuci Rambut dengan Cuka Sari Apel
    Cara ini juga efektif untuk menjaga rambut tetap berkilau. Cuka sari apel dipercaya sangat berkhasiat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Cuka sari apel ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat menangkal bakteri penyebab ketombe. Mengaplikasikan bahan alami ini sangat mudah, hanya dengan melarutkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air.

Setelah rambut dicuci, bilas kulit kepala dengan larutan tersebut. Kemudian, diamkan selama beberapa detik saja dan selanjutnya bilas dengan air dingin sampai bersih.

  1. Jangan Terlalu Sering Keramas
    Terlalu sering keramas ternyata dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Sehingga, rambut akan rusak dan kusam. Disarankan, beri senggang waktu selama dua hingga tiga hari bila ingin mencuci rambut.

Kemudian, hindari menggunakan air panas jika sedang keramas karena ini bisa menghilangkan minyak alami di dalam rambut. Air dingin akan lebih efektif digunakan ketika hendak berkeramas untuk menutup kurtikula rambut dan menghindarinya dari kusut.

  1. Menggunakan Sarung Bantal dari Sutra
    Sarung bantal berbahan kapas menghisap minyak alami rambut. Padahal, minyak alami ini yang membuat rambut terlihat berkilau dan halus. Rambut memang perlu terhidrasi agar selalu sehat untuk itu perlu diperhatikan perawatannya.

Menjaga rambut tetap berkilau, sebaiknya menggunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin. Dengan cara ini, rambut tidak akan kehilangan minyak alaminya.

(Red/Model :Fifi Mofun)