8 Perlengkapan Wajib Dibawa Dimasa NewNormal

Kesehatan

KORANBOGOR.com-Menghadapi era new normal, masyarakat diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Terlebih untuk orang yang beraktivitas di luar rumah dianjurkan untuk membawa beberapa perlengkapan pribadi sebagai langkah perlindungan diri dari Covid-19.

Mempersiapkan diri dengan perlengkapan pribadi dari rumah menjadi hal penting yang harus dilakukan saat new normal. Dengan begitu, aktivitas bisa tetap produktif dan Anda tetap terlindungi dari virus Corona.

Dilansir dari laman Instagram Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB), berikut Tagar rangkum sejumlah barang yang wajib dibawa selama new normal.

  1. Masker dan Kantong untuk Masker Habis Pakai
    Masker bisa membantu masyarakat terhindar dari kontaminasi paparan droplet orang lain saat berada di luar rumah. Menggunakan masker juga ada tata caranya yaitu harus menutupi seluruh area hidung dan dagu, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengenakannya.

Masker sendiri bisa digunakan maksimal selama delapan jam dan sebaiknya menggantinya secara teratur agar tetap efektif, sehingga disarankan untuk menyimpan cadangannya saat berada di luar rumah. Untuk masker yang sudah dipakai, buanglah ke dalam kantong yang dibawa dari rumah.

  1. Disinfektan Semprot, Hand Sanitizer, dan Sabun Cair
    Disinfektan semprot yang berisi cairan alkohol 70 persen menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat berada di luar rumah. Cairan ini bisa disemprotkan ke beberapa fasilitas umum seperti meja dan tempat duduk, hingga keyboard komputer di kantor.

Selain itu, hand sanitizer dan sabun juga menjadi perlengkapan penting yang harus dibawa guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. Hand sanitizer bisa digunakan saat berada di luar rumah dan ketika Anda tidak menemukan air mengalir untuk mencuci tangan.

Namun jika terdapat aliran air, usahakan tetap menggunakan sabun cair untuk mencuci tangan. Sebab, sabun cair lebih efektif membunuh virus dan kuman yang menempel di tangan jika mencucinya dengan cara yang benar.

  1. Tisu Basah dan Tisu Kering
    Kedua perlengkapan tersebut juga masuk ke dalam daftar yang harus dibawa saat berada di luar rumah. Tisu basah bisa digunakan untuk mengelap area permukaan benda yang berada di tempat umum.
  2. Alat Makan dan Botol Minum
    Membawa peralatan makan dan botol minum pribadi menjadi hal penting yang harus diperhatikan dan diutamakan. Dengan begitu, Anda akan merasa aman dan nyaman, serta mengantisipasi penyebaran Covid-19.
  3. Perlengkapan Ibadah
    Perlengkapan ibadah pribadi yang dibawa tentu bisa membuat Anda merasa aman dan nyaman, lantaran tak harus menggunakan barang bersamaan dengan orang lain yang tidak diketahui kondisi kesehatannya.

Jadi, bawalah beberapa perlengkapan ibadah yang mudah dibawa sendiri, seperti sajadah dan mukena.

  1. Suplemen Multivitamin
    Suplemen multivitamin juga menjadi perlengkapan yang wajib dibawa saat era new normal. Hal ini lantaran bisa membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi virus Corona.
  2. Tas Belanja
    Bagi yang suka mampir berbelanja disarankan untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah. Langkah ini guna meminimalisir risiko terpapar virus atau kuman yang ada di tempat umum.
  3. Jaket dan Helm
    Para pengguna transportasi online sebaiknya menggunakan jaket atau helm pribadi dari rumah.

Selain nyaman lantaran barang milik sendiri, hal ini bisa meningkatkan keamanan agar tidak menggunakan barang bersamaan dengan orang lain di tengah pandemi Covid-19. (Red)