Akibat Kebanyakan Minum Kopi

Kesehatan

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Bagi kebanyakan orang, kopi salah satu minuman favorit di kala sedang bersantai atau kondisi stres. Tanpa disadari kebanyakan minum kopi, ternyata bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Memang kopi memiliki banyak manfaatnya, seperti meningkatkan stamina, Membakar lemak di tubuh, menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga meningkatkan energi. Manfaat ini bisa dirasakan jika dikonsumsi tidak berlebihan.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai efek buruk kebanyakan minum kopi.

  1. Insomnia
    Beberapa penelitian menyebutkan jumlah kafein tinggi yang dikonsumsi membuat Anda susah tidur. Bila sudah mengonsumsi kopi berlebihan tentu akan mengurangi waktu istirahat. Disarankan bagi Anda yang sudah lanjut usia (lansia), jangan minum kopi di saat sore hari karena hal itu akan mengganggu kualitas tidur.
  2. Jantung Berdetak Cepat
    Minum kopi berlebihan akan membuat jantung berdetak sangat cepat. Beberapa studi mengatakan terlalu banyak konsumsi kopi akan menyebabkan fibrilasi atrium atau irama detak jantung yang berubah pada anak muda.

Jantung yang berdetak cepat juga menyebabkan pusing hingga pingsan. Dilansir dari jurnal Frontiers in Psychiatry, dokter menyarankan untuk menghentikan konsumsi kafein bagi mereka yang jantungnya berdetak cepat setelah minum kopi.

  1. Tekanan Darah Tinggi
    Minum kopi berlebihan bisa berisiko pada meningkatnya tekanan darah. Itu disebabkan karena adanya efek dari stimulasi pada sistem saraf. Bila tekanan darah sudah meningkat, tentu bisa berakibat pada serangan stroke dan jantung.
  2. Gelisah dan Cemas
    Kebanyakan konsumsi kafein bisa menimbulkan rasa gelisah dan cemas. Dilansir dari healthline, batasan konsumsi kafein yang bisa diterima tubuh setiap harinya sekitar di bawah 1.000 miligram.

Jika sudah melebihi batas tersebut, tentu akan menimbulkan gelisah, cemas, gugup, dan stres meningkat. American Psychiatric Association mengatakan gangguan kecemasan yang disebabkan karena kafein bisa berakibat pada gangguan mental.

  1. Mengancam Kesehatan Lambung
    Kesehatan lambung bisa terganggu karena kebanyakan minum kopi. Sebab, kopi ini memiliki rasa asam sehingga bagi siapa yang memiliki masalah lambung, disarankan menghindari mengonsumsi minuman tersebut.

Bila Anda mengonsumsi minuman dalam keadaan perut kosong, risiko terburuknya penyakit asam lambung bisa langsung menghampiri Anda.

Dalam kondisi tersebut, cairan asam tidak bisa untuk mencerna makanan dan akhirnya menggenang di lambung. Cairan asam inilah yang nantinya akan merusak lapisan lambung Anda, jika hal itu terjadi secara terus-menerus. (Red/Tagar)