Bahaya Junk Food Bagi Tubuh Manusia

Bogor Now Kesehatan

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Junk Food adalah makanan yang kurang sehat karena mengandung banyak lemak dan memiliki kandungan sedikit Nutrisi. Walaupun kurang sehat tetapi Junk Food masih digemari oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Dampak negatif yang dihasilkan karena terlalu banyak mengkonsumsi Junk Food yaitu dapat menyebabkan obesitas karena Junk Food mengandung lemak yang sangat tinggi.

Selain itu bisa menyebabkan penyakit Jantung,Diabetes,Kanker,dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan Junk Food banyak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, seperti pada Mie Instan yang mengandung pengawet. 

Makanan cepat saji atau Junk Food juga mengandung banyak penyedap makanan atau sering disebut Micin.

Micin juga sangat berpengaruh terhadap kinerja otak manusia, contohnya seperti seseorang yang lama dalam berpikir dan sering tidak fokus ketika diajak berbicara.

Dampak mengkonsumsi Junk Food memang tidak dirasakan secara langsung, tetapi makanan cepat saji tersebut mengandung zat berbahaya yang akan tertimbun di dalam tubuh manusia yang bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya seperti Kanker, Stroke, Diabetes, dan lain-lain.

Untuk mengurangi dampak buruk dari Junk Food kita bisa mengurangi makanan cepat saji tersebut dan digantikan mengkonsumsi buah dan sayuran yang lebih mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut ini adalah contoh 5 macam Junk Food yang biasa dikonsumsi diantaranya adalah:

  1. Mie instant 

Mie instant mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh manusia, mengandung lemak yang tinggi, rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Mie instant juga mengandung kadar garam yang tinggi yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.

  1. Es krim 

Walaupun Es krim sangat nikmat di konsumsi ketika cuaca terik, namun es krim mengandung zat aditif sebagai pengawet yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Selain itu perasa dan pewarna buatan yang terkandung dapat menyebabkan Asma, Alergi dan reaksi Hiperaktif bagi anak-anak.

  1. Nugget ikan

Banyak orang tua yang sering memberikan Nugget kepada anaknya, tetapi nugget juga berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama anak-anak. Hal tersebut dikarenakan Nugget dibuat menggunakan bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

  1. Kentang goreng

Kentang goreng yang digoreng menggunakan minyak sayur akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab mengandung lemak tak jenuh yang berbahaya bagi tubuh manusia.

  1. Burger

Burger mengandung nilai gizi yang sedikit. Terlalu banyak mengkonsumsi burger juga bisa menyebabkan Obesitas, Penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

(Red/Penulis:Indah Samiati,Status: Mahasiswa, PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )