Berapa Suhu Normal Manusia ?

Kesehatan

KORANBOGOR.com,SEMARANG-Cek suhu tubuh di tengah pandemi Covid 19 sudah jadi hal lumrah saat memasuki area umum. Ketika masuk perkantoran, bank, rumah sakit bahkan mal sekarang harus melalui prosedur cek suhu tubuh menggunakan Thermo gun. Tapi sebenarnya berapa suhu tubuh yang menusia yang normal?

Selebgram yang juga relawan medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr. Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa Dr Tirta dalam akun Instagramnya menjelaskan suhu tubuh manusia normal. Menurutnya, suhu normal tubuh manusia berkisar di angka 36,5 hingga 37,5 derajat.

“Banyak kantor yang pakai thermo gun kemarin, tapi hasilnya nggak sesuai, mungkin alatnya cara pakainya salah, suhu tubuh normal 36,5-37,5 derajat, kalau hasil menunjukan suhu 35 derajat itu sudah kondisi bahaya karena hipothermia, bukan malah ‘Yak aman’, bahkan kalau sampai 34 mungkin orang itu sudah jadi jenazah,” bebernya.

Hipothermia sendiri merupakan suatu kondisi di mana tubuh kehilangan panas tubuh dan menyebabkan suhu turun menjadi 35 derajat dan mengganggu sistem peredaran darah dan pernafasan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh tiupan angin dingin, cuaca dingin.

“Ketika posisi dingin, tubuh akan melalukan respon dengan keep panas tubuh, pembuluh darah menyempit, dan jika terus-terusan akan apalagi frostbite malah bisa mati jaringan kita,” imbuhnya.

Adapun cara penanganan hipothermia salah satunya dengan mengganti pakaian basah dengan yang kering, menutup seluruh tubuh dengan jaket agar panas tubuh tidak keluar. (Red)