Manfaat Berjemur Bagi Kesehatan

Kesehatan

KORANBOGOR.com-Saat meluasnya persebaran virus corona,masyarakat lebih rajin berjemur di pagi hari. Lalu apa sebenarnya manfaat aktivitas ini bagi kesehatan?

Penelitian mengumumkan berjemur di pagi hari bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga risiko terkena virus corona pun bisa berkurang. Sinar mentari pagi merupakan salah satu sumber vitamin D.

Waktu berjemur yang disarankan yakni mulai pukul 10.00 pagi dengan durasi sekira 5-15 menit saja sebanyak dua sampai tiga kali dalam sepekan. Bila perlu, gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Selain sebagai bentuk pencegahan terhadap virus corona, ada manfaat lain yang terpancar seperti berikut ini sebagaimana dilansir dari healthline pada Sabtu (16/3/2020):

1.Cegah Depresi

Kekurangan paparan sinar matahari membuat manusia cenderung mempunyai mood negatif. Hubungan sinar matahari dengan kondisi emosi tadi ternyata disebabkan oleh hormon serotonin dalam tubuh. Makin minim sinar mentari, maka kadar serotonin tubuh pun berkurang sehingga depresi datang melanda.

  1. Kulit Jadi Lebih Sehat

Paparan sinar mentari pagi diyakini membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim sampai psoriasis. Sel-sel kulit mati di permukaan tubuh akan diregenerasi lebih cepat lewat paparan sinar matahari yang cukup.

3.Memperbaiki Kualitas Tidur

Buat para penderita insomnia yang kerap mengalami susah tidur, berjemur bisa menjadi terapi.

Lantaran paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur.

Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur dapat terganggu. Secara langsung, masa tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Red)