Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Kesehatan

KORANBOGOR.com-Tak bisa dipungkiri, belakangan ini bersepeda menjadi salah satu olahraga yang paling digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain menyenangkan, olahraga satu ini tentu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jika dilihat di linimasa, olahraga tersebut menjadi semakin marak dilakukan semenjak memasuki era new normal.

Sehingga, saat bersepeda secara rutin tentunya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan meminimalisir risiko terserang berbagai penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengontrol Berat Badan
    Bersepeda menjadi cara terbaik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan. Sebab, olahraga tersebut mampu meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

Dikutip dari laman Better Health, bersepeda harus diiringi dengan pola makan yang sehat jika ingin mengontrol berat badan.

Penelitian menunjukkan seseorang setidaknya membuang sekitar lebih 2.000 kalori dalam seminggu melalui olahraga, dengan bersepeda, Anda bisa membuang kalori sebanyak 300 kalori per jam, sehingga berat badan bisa berkurang lebih cepat.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
    Bersepeda secara rutin bisa merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirukulasi darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebab, olahraga tersebut nantinya akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah.
  2. Menurunkan Risiko Diabetes
    Diabetes tipe 2 menjadi salah satu penyakit yang mendapatkan perhatian serius di dunia kesehatan lantaran selalu meningkatnya jumlah pasien. Salah satu penyebab terbesar penyakit tersebut adalah kurangnya aktivitas fisik.

Sehingga, bersepeda bisa menjadi solusi untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Sebuah studi di Finlandia membuktikan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit setiap hari memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit berbahaya tersebut.

  1. Mengurangi Risiko Kanker
    Bersepeda secara teratur dan mengimbanginya dengan pola makan sehat bisa menjadi cara untuk mengurangi risiko kanker.Sebuah studi yang diterbitkan Journal of American Medical Association menunjukkan jika orang yang memiliki tubuh bugar bahkan di usia tua memiliki risiko lebih rendah terserang kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga membuktikan bahwa bersepeda secara teratur mampu mengurangi risiko kanker usus dan payudara.
  2. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh
    Keseimbangan cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Namun jangan khawatir, bersepeda bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Ketika bersepeda, nantinya bisa meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh secara keseluruhan.
  3. Meningkatkan Kekuatan Kaki
    Bersepeda mampu meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki, seperti paha depan dan belakang,glutes, serta betis.Cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges beberapa kali setiap minggu untuk meningkatkan kinerja bersepeda.
  4. Mengurangi Stres
    Terakhir, bersepeda juga menjadi salah satu cara untuk meredakan stres, kecemasan, serta depresi. Sebab, efek dari melakukan olahraga tersebut mampu menimbulkan hormon pereda stres.

Selain itu, bersepeda membuat seseorang bisa melihat dunia luar dan memperoleh udara segar yang mungkin sudah lama tidak dirasakan selama pandemi virus corona. Ini jelas mampu menyebabkan stres dalam pikiran menjadi berkurang.

Nah, itulah beberapa manfaat bersepeda untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Selain menyehatkan, olahraga satu ini tentunya mampu membuat tubuh tampak segar dan senang (Red)