Minum Air Es?Nih Resikonya

Kesehatan

KORANBOGOR.com-Minum air es, saat hari terik, seperti hari-hari sekarang ini memang nikmat. Apalagi jika bercampur sirup. Segar dan asyik.

Godaan minum air es di musim panas, memang luar biasa.Ibaratnya, tak ada kenikmatan yang bisa tertandingi.Mereka yang memiliki kulkas dan menyimpan batu es, bisa berkali-kali meneguk air es.Tapi,hei,tunggu dulu. Memang nikmat mereguk air es di hari terik, namun bukan berarti tak berisiko.

Nah, berikut Tagar ulas risiko itu untuk Anda, supaya tak gampang terjebak untuk ingin terus-terusan minum air es.

  1. Terus Haus
    Minum air es justru bisa membuat cepat hilangnya cairan di tubuh. Lalu, kita pun merasa haus lagi. Karena itulah, setelah olahraga lebih baik minum air putih saja.
  2. Jantung Menjadi Lambat
    Ini pengaruhnya terhadap saraf vagus yang berkaitan dengan kerja jantung. Air es membuat kerja jantung jadi lambat. Artinya ya tak normal lantaran terganggungnya saraf vagus yang mestinya sebagai kontrol agar kerja jantung normal.
  3. Laju Aliran Darah ke Otak Meningkat
    Tentu saja jika laju ini tak sesuai “kecepatan” bisa, berbahaya. Bisa mengakibatkan pembekuan di otak, yang ujungnya tentu saja sangat berbahaya. Efek paling sederhananya kepala akan pusing. Badan berkeringat. Jadi, minum air es itu sebenarnya membuat kerja tubuh kita makin berat lho.
  4. Awas Radang Tenggorokan
    Ibaratnya habis nyaman, timbul derita. Memang rasanya nyaman, air es melalui tenggorokan, tapi dampaknya, tenggorokan menanggung penderitaan. Maka radang tenggorokan pun muncul. Jadi, sekali lagi, hindari minum es, apalagi setelah makan. Lebih baik minum air hangat saja.
  5. Nutrisi Tubuh Kabur
    Rugi bukan jika nutri tubuh kita lenyap. Tapi, inilah akibat jika kita minum air es. Air dingin itu membuat nutrisi tubuh kita “kabur.” Padahal, nutrisi itu sangat penting untuk kesehatan kita.
  6. Penyakit Batu Ginjal
    Sayangi ginjal Anda jika ingin sehat dan panjang umur. Nah, batu es ini bisa mengakibatkan batu ginjal. Apalagi jika itu es teh. Dalam es teh ada zat Oxalate yang memicu terbentuknya batu ginjal.

Memang enak dan sedap minum es teh. Tapi, harap bayangkan dulu penderitaan akibat es teh ini, dan semoga dengan cara ini keinginan minum es teh menguap.

  1. Perut Buncit
    Ya, ini bonus untuk Anda yang hobi minum air es. Jadi, jika ingin perut langsing dan emoh dipanggil si buncit, katakan “sayonara” secepatnya kepada air es.
  2. Perut Kembung
    Air es akan membuat metabolisme tubuh terganggu dan diperut dampaknya bisa kembung. Karena itu, disarankan minum air hangat supaya perut Anda tetap sehat. Jadi, mari kita hindari air es untuk kesehatan kita semua. . (Red)