Perlu Anda Ketahui,Manfaat Mandi Air Hangat

Bogor Now Kesehatan

KORANBOGOR.com-Mandi air hangat memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, pastikan suhu air tersebut tidak melebihi dari 44 derajat Celsius dan hindari mandi terlalu lama.

Ketika Anda harus menggunakan air hangat, disarankan mandi selama 5 hingga 10 menit. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat mandi air hangat yang perlu diketahui.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan air hangat sangat berkhasiat melancarkan peredaran darah. Bahkan, saat Anda mandi di bawah pancuran dengan tekanan air yang stabil selama lima menit, nyatanya ampuh melancarkan sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

  1. Mengurangi Rasa Cemas dan Stres
    Dengan Anda mandi menggunakan air hangat, tentu dapat membantu mengurangi rasa cemas dan stres. Bila Anda dalam kondisi stres dengan pekerjaan atau tugas kantor, cobalah menenangkan pikiran dengan cara mandi air hangat. Ini salah satu cara mengatasi rasa stres yang sedang melanda.

Dengan mandi air hangat bisa membantu merangsang kinerja otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon inilah yang nantinya akan membuat perasaan hati Anda menjadi tenang, senang, dan terhindar dari pikiran negatif.

  1. Mencegah Insomnia atau Gangguan Tidur
    Bila Anda sering mengalami susah tidur, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur. Saat itu Anda akan merasakan pikiran menjadi tenang dan waktu tidur akan kembali normal serta lebih berkualitas.

Sesaat Anda mandi dengan air panas, suhu tubuh akan meningkat. Namun, perlahan akan turun setelah usai mandi. Dengan perubahan suhu tersebut, tentu akan mempengaruhi rasa kantuk yang tak terduga. Dengan kondisi inilah keinginan untuk cepat tidur akan timbul. Bila ini dilakukan dengan rutin, pastinya Anda tidak pernah mengalami gangguan tidur.

  1. Menurunkan Berat Badan
    Manfaat lainnya mandi air hangat yaitu menurunkan berat badan. Dari berbagai penelitian menyebutkan berendam dengan air hangat secara rutin dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan glukosa pada penderita diabetes. Dengan alasan inilah membuktikan bila air hangat mampu menjaga kestabilan hingga menurunkan berat badan.

Bila ingin menurunkan berat badan, Anda bisa berendam di air hangat selama 20 hingga 30 menit setiap 6 kali dalam seminggu. Meski begitu, Anda juga perlu menyeimbangkan pola hidup sehat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5.Meningkatkan Kecerdasan Otak
Mandi atau berendam dengan air hangat ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu dapat menenangkan sistem saraf hingga mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit pada tulang belakang.

Mandi air hangat juga berkhasiat meringankan gejala parkinson. Bila ingin merasakan manfaat mandi atau berendam air hangat lebih maksimal, Anda bisa melakukannya dengan cara rutin. Dengan begitu Anda akan terlihat bugar dan kesehatan tubuh tetap terjaga. (Red)