Tersedak Saat Tidur,Ini Penyebabnya

Kesehatan

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Tersentak saat sedang tidur, anda mungkin sering mengalami hal seperti ini. Banyak orang yang mengaitkan kejadian ini dengan hal-hal mistis, namun tahukah anda bahwa kejadian ini memiliki penjelasan biologis juga?

Hypnic jerk atau myoclonus yang sering kita sebut dengan tersentak saat tidur merupakan suatu kondisi dimana tubuh kita sedang dalam kondisi peralihan/transisi yaitu kondisi diantara terjaga dan tidur.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika tubuh kita baru saja memulai untuk tidur ataupun terlelap. Hal ini dapat terjadi karena adanya kedutan atau kejang yang terjadi secara spontan pada otot tubuh kita.

Biasanya hypnic jerk juga disertai dengan halusinasi, mimpi ataupun sensasi terjatuh dari tempat yang tinggi dan sering kali membuat kita terbangun dari tidur kita dan tentunya sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman.

Hypnic jerk dapat terjadi pada seseorang baik pria dan wanita di segala usia. Adapun penyebab hypnic jerk sendiri sebenarnya belum jelas diketahui, namun biasanya orang yang mengalami hypnic jerk dikarenakan seseorang tersebut sedang mengalami stres, gelisah dan juga kurang tidur.

Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat memicu terjadinya hypnic jerk lebih sering misalnya sering begadang, pola tidur tidak teratur dan dapat juga disebabkan karena tempat istirahat atau tidur yang tidak nyaman.

Namun pada dasarnya hypnic jerk merupakan sesuatu yang normal yang pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari hypnic jerk saat tidur adalah dengan merilekskan tubuh kita saat hendak tidur. Idealnya tubuh membutuhkan waktu 30-40 menit untuk benar-benar rileks hingga benar-benar terlelap.

Usahakan dalam rentang waktu tersebut anda berada pada posisi yang nyaman agar darah dapat mengalir dengan lancarRilekskan semua otot dan juga pikiran anda dan jangan ada beban.

Usahakan pada saat sebelum anda tidur jangan melakukan pekerjaan yang berat seperti mengangkat sesuatu yang berat, berolahraga ataupun berpikir keras karena hal tersebut dapat mempengaruhi keadaan anda saat tidur nantinya.

Pola hidup yang sehat juga mempengaruhinya,misalnya kurangi mengkonsumsi kafein yang berasal dari kopi, teh ataupun minuman ringan yang biasanya anda konsumsi yang mengandung kafein.

Kurangi merokok dan menghirup asap rokok dan perbanyaklah olahraga dimulai dari olahraga ringan seperti lari ataupun yoga.

Jika hal-hal tersebut belum dapat membantu anda mengurangi hypnic jerk, maka alangkah lebih baik jika anda konsultasi dengan langsung pada dokter untuk membantu anda. Semoga membantu.

Identitas penulis: Demak Josephine Silitonga