Hingga Kini,Liverpool Tak Tertandingi

Olahraga

KORANBOGOR.com,LONDON-Liverpool masih belum terbendung di Liga Inggris usai menang 1-0 atas Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1) dini hari. Roberto Firmino menjadi pahlawan Liverpool melalui gol tunggalnya.

Main di kandang lawan, Liverpool menebar ancaman di menit kedua setelah Firmino terbebas di kanan dan bergerak ke tengah, lalu melepaskan sepakan yang dihalau Japhet Tanganga di depan gawang. Alex Oxlade-Chamberlain lantas menyambar bola pantul namun justru mengenai tiang gawang sebelum diamankan Paulo Gazzaniga.

Tottenham merespons di menit kelima, setelah Lucas Moura menusuk dan mencoba melepaskan tembakan yang masih melebar saja. Menit 22, Liverpool mendapat peluang bagus yang diawali dari sepak pojok, lalu bola dikuasai Henderson di kanan yang kemudian melepaskan umpan lambung ke tiang jauh dan disundul Virgil van Dijk. Beruntung bagi Spurs, Gazzaniga bisa menepisnya.

Menit 37, Liverpool akhirnya membuka keunggulan setelah Henderson menyundul bola liar di depan kotak penalti dan operannya ditahan sesaat oleh Salah.

Bola lalu disodorkan ke Firmino di kiri dan dituntaskan dengan tembakan keras. VAR sempat mengecek atas potensi handball dari Henderson, tapi tak ada pelanggaran. Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Spurs langsung mendapat peluang setelah Serge Aurier secara jeli melepas umpan ke Lucas Moura, yang lantas coba diteruskan dengan sepakan namun tak menemui sasaran. Liverpool balas mengancam melalui sepakan Trent Alexander-Arnold yang hanya meluncur ke kiri gawang.

Menit ke-56, peluang didapat Spurs setelah tusukan Alli dihentikan tekel Van Dijk. Bola bergulir ke Aurier yang mengarahkan tembakan keras ke gawang. Tapi Alisson dengan tenang menangkapnya. Liverpool membalas dua menit kemudian.

Salah menyodorkan bola ke Firmino dan disambut sepakan di kesempatan pertama. Tapi tendangannya tak cukup kencang dan bisa diamankan Gazzaniga.

Menit 65, Liverpool nyaris mencetak gol kedua usai umpan silang Alexander-Arnold disundul Mane di depan gawang, namun masih sedikit terlalu lemah sehingga bisa dihalau Gazzaniga.

Tottenham hampir menyamakan skor di menit ke-83, setelah Aurier leluasa di sisi kanan untuk mengirim umpan lambung ke tiang jauh dan dicocor Lo Celso, namun bola malah melebar.

Laga tuntas, Liverpool menang 1-0 atas Tottenham. Kemenangan ini semakin mengukuhkan Liverpool saja di puncak klasemen Liga Inggris, mengingat Leicester City di posisi dua menelan kekalahan.

Kini anak-anak Merseyside mengoleksi 61 poin dari 21 laga, belum terkalahkan sejak awal musim dan sudah merangkai 12 kemenangan beruntun. Liverpool memimpin 16 poin atas Leicester. Sementara Tottenham kini turun ke posisi delapan dengan 30 poin dari 22 laga.

Hasil Liga Inggris:

Crystal Palace-Arsenal: 1-1
Chelsea-Burnley: 4-0
Everton-Brighton and Hove Albion: 1-0
Leicester City-Southampton: 1-2
Manchester United-Norwich: 4-0
Wolverhampton-Newcastle United: 1-1. (Red)