UMBUL PLUNENG DAN PERATURAN PERATURAN BARU NYA UNTUK PARA PERENANG DI MASA NEW NORMAL

Olahraga

Oleh : Inna Novia Purwaningsih

KORANBOGOR.com.KLATEN-Bagi para masyarakat daerah Klaten, khususnya para masyarakat yang suka berenang pasti tidak asing dengan nama Umbul Pluneng. Umbul Pluneng berada di Dukuh Miren, Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten.

Umbul Pluneng terbagi menjadi dua yaitu Umbul Tirtomulyono atau Umbul Lanang dan Umbul Tirtomulyani atau Umbul Wedok.

Klaten mendapat julukan Kota Seribu Umbul atau mata air, karena banyaknya umbul yang berada di Klaten, salah satunya Umbul Pluneng ini.

Umbul Pluneng menjadi salah satu objek wisata di Klaten dan menjadi salah satu mata pencaharian penduduk disekitarnya ini juga mendapatkan imbas dari pandemi virus corona ini.

Pada masa awal PSBB, Umbul Pluneng harus ditutup selama beberapa bulan. Lalu mulai buka lagi belum lama ini dengan menerapkan peraturan – peraturan baru dan kebijakan barunya.

Sebelum pandemi tiket masuk ke Umbul Pluneng seharga Rp.5000,- per orang dan parkir Rp.2000,- per motor untuk Umbul Tirtomulyono, dan Rp.2000,- untuk tiket masuk Umbul Tirtomulyani dan juga parkir Rp.2000,- permotor.

Namun sekarang tiket masuk nya menjadi Rp.10.000,- untuk Umbul Tirtomulyono dan Rp.4000,- untuk Umbul Tirtomulyani.

Dengan tarif parkir sama yaitu Rp.1000,- per sepeda . Rp.2000,- per motor. Dan Rp.5000,- per mobil.

Dan untuk peraturan baru yang harus di taati di Umbul Pluneng adalah sebagai berikut. Sebelum memasuki area Umbul Pluneng perenang harus menggunakan masker, cuci tangan

dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak pada saat membeli tiket masuk, cek suhu tubuh dan dipastikan di bawah 37,3ᵒC, lalu mengisi form data pengunjung.

Kemudian selama berada didalam area Umbul Pluneng perenang harus mandi atau bilas dengan air dan sabun sebelum dan sesudah memasuki kolam, jaga jarak dan meminimalisir kontak fisik dengan pengujung lainnya, dan durasi maksimal berada di Umbul Pluneng adalah 2 jam.

Adapula larangan – larangan yang harus di taati para perenang di Umbul Pluneng yaitu bayi umur 2 tahun kebawah dilarang memasuki area Umbul Pluneng, Suhu tubuh diatas 37,3ᵒC dilarang masuk, dan dilarang meludah didalam area kolam.