Fiat Akan Bangun Pabrik Baterei Listrik

Otomotif

KORANBOGOR.com,ITALIA-Perusahaan otomotif Fiat Chrysler Automobiles akan membangun pabrik baterai mobil listrik di kota Turin, Italia dengan nilai investasi mencapai 56 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 784,5 miliar.

Dalam sebuah pernyataanya, Fiat Chrysler menyebutkan bahwa baterai yang diproduksi di pabrik ini untuk mobil listrik terbaru yang akan segera diluncurkan.

Seperti diberitakan dari Reuters, Selasa, 22 Oktober 2019, pembangunan pabrik baru itu merupakan bagian dari rencana investasi senilai 5 miliar dolar AS selama 2019 – 2021.

Dalam rencana yang telah diungkapkan perusahaan tahun lalu, dana investasi itu untuk memproduksi mobil listrik, hibrid (mobil listrik yang masih menggunakan bahan bakar minyak).

Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas produksi. Pabrik baterai baru ini mulai beroperasi tahun depan.

Perusahaan menyatakan antara tahun 2020 dan 2021, Fiat Chrysler akan memproduksi mobil listrik versi 500. Selain itu juga memproduksi varian hibrid, Meserati, hibrid jenis jeep, Compas dan Renegade serta hibrid Panda.

Sebelumnya produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motors juga mengkonfirmaskan akan membangun fasilitas pembuaan sel baterai mobil laut. Pabrik ini berlokasi di timur laut Ohio, Amerika Serikat.