Clorot Jajanan Khas Kota Purworejo

Bogor Now Featured

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Salah satu makanan khas dari Kota Berirama yaitu Kota Purworejo,Jawa Tengah adalah Clorot. Jika berkunjung ke Purworejo belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas yang satu ini.

Clorot dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional seperti di pasar Grabag yaitu sekitar 25 km dari pusat kota Purworejo.

Clorot sendiri berasal dari Kecamatan Grabag. Diluar Kecamatan Grabag sangat jarang sekali dijumpai Clorot. Bentuk,isi,dan rasanya yang manis dan legit ini membuat para pemburu kuliner jatuh hati.

Clorot terbuat dari tepung beras yang ditambah dengan tepung ketela/kanji, garam, santan, kapur sirih, serta gula merah dan diberi pewangi berupa daun pandan.

Proses pembuatannya tidak begitu sulit yaitu dengan mencampurkan semua bahan dan diberi santan sembari diaduk sekitar kurang lebih 30 menit hingga adonan Clorot cair namun mengental. Setelah itu adonan di tuangkan ke dalam wadah atau urung Clorot. Kemudian dikukus dan ditunggu kurang lebih 15 menit hingga matang.

Tidak hanya rasanya yang unik, namun wadah atau urung clorot pun tak kalah uniknya. Urung clorot terbuat dari daun kelapa yang masih muda atau yang disebut dengan janur.

Janur diulin membentuk kerucut mirip dengan mainan terompet. Bagian bawahnya harus rapat agar adonan tidak bocor. Begitu pula dengan bagian atasnya harus disemat agar tidak lepas dan hancur bentuknya.

Cara makannya pun unik. Jika belum pernah memakan Clorot pasti akan membuka urung Clorot dari atas seperti membuka bungkus Eskrim, namun itu salah. Yang benar yaitu dengan mendorong bagian bawah urung Clorot menggunakan satu jari ke atas.

Ada sensasi tersendiri saat mendorongnya, apalagi saat melihat Clorot mulai keluar. Rasa penasaran pun terbayarkan dengan kenikmatan dari rasa Clorot yang manis nan legit. Teksturnya lembut dan kenyal perpaduan antara manis dengan gurih. Clorot biasanya disajikan pada acara hajatan maupun saat Lebaran.

(Red/penulis: Anisa Risyanti dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Prodi PGSD )