Menurunnya Minat Generasi Muda Terhadap Sejarah 

Bogor Now Featured

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Seperti yang kita ketahui, saat ini minat generasi muda terhadap sejarah negeri sendiri saat ini mulai menurun drastis.Saat ini kita masuk di era industri 4.0,dimana anak-anak dan remaja lebih suka bermain smartphone dan lebih suka bermain ketempat wisata yang sedang tren dibandingkan mempelajari sejarah-sejarah yang ada di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan rendah dan berkurangnya tingkat kunjungan generasi muda ke museum, salah satunya yang terjadi pada museum soeharto yang terletak di kota bantul yogyakarta yang saat ini sepi pengunjung.

Museum Soeharto merupakan bangunan bersejarah yang menyimpan berbagai peninggalan-peninggalan dari Jenderal Besar TNI Soeharto. Koleksi yang tersimpan di dalamnya antara lain benda kenangan milik Soeharto sejak berdinas di kemiliteran hingga saat menjabat sebagai Republik Indonesia, termasuk berbagai prestasi yang pernah diraih semasa menjabat presiden ke-2 Indonesia.

Tidak hanya itu museum tersebut juga memberikan berbagai  informasi bersejarah yang dipajang diberbagai sudut sehingga pengunjung dapat membacanya sekaligus menambah pengetahuan.

Melihat penurunan minat generasi muda terhadap museum tersebut, pemerintah setempat telah berupaya memberikan berbagai infrasturktur yang salah satunya berupa pelebaran jalan menuju lokasi sehingga mudah dijangkau.

Selain itu, dibangunnya museum Soeharto juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan dapat mempromosikan daerah tersebut menjadi daerah wisata.

Kita sebagai genenrasi muda penerus bangsa,pastinya kita harus mengenal sejarah bangsanya sendiri.

Maka dari itu sangatlah penting sekali generasi muda mengenal sejarah bangsanya,jika generasi mudanya sendiri tidak mengenal sejarah bangsanya, mau dibawa kemanakah bangsanya pada generasi yang akan datang.

Oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus mengingkatkan minat kepada sejarah bangsa sendiri.

(Red/penulis: Hamdani Setyo Sejati, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.)