Pentingnya Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Bogor Now Featured

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Pentingnya Kegiatan Ekstrakulikuler disekolah. Salah satu tujuan Negara Republik Indonesia tercantum dalam pembukaan Undang – Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama dan gender.

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawa (Undang-undang No.20, 2003).

Kegiatan Ekstrakulikuler merupakan kegiatan di luar jam sekolah siswa yang menjadi wadah untuk berkreasi atau menyalurkan bakat dan minat siswa. Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Kegiatan ekstrakulikuler terdiri dari berbagai macam ada yang bersifat pendidikan, kedisiplinan, Olahraga, Seni dan Budaya dan masih banyak lagi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler di sekolah akan membantu meningkatkan minat belajar siswa.

Karena terus menerus belajar juga tidak baik bagi perkembangan psikologis anak.

Jika selalu dipaksa untuk belajar, anak akan mudah bosan dan hal tersebut akan berakibat buruk pada kemampuan mereka dalam menerima pelajaran.

Inilah kenapa, membiarkan anak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sangat penting terhadap proses tumbuh kembang mereka.

Dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler di SD  banyak sekali manfaat yang diperoleh anak yaitu anak akan belajar cara mengatur waktu yang baik, sehingga saat dewasa anak akan tumbuh menjadi peribadi yang disiplin, berkomitmen, dan bertanggung jawab. 

Anak akan lebih percaya diri, keahlian dan keterampilan dalam sebuah bidang akan membuat anak merasa mereka istimewa. Perasaan inilah yang membuat rasa percaya diri mereka muncul sehingga kelak anak bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tidak takut untuk menunjukkan siapa diri mereka sebenarnya.

Anak akan memiliki kemampuan sosial yang baik, seperti yang kita tahu kegiatan ekstrakulikuler biasanya diikuti oleh beberapa siswa dengan latar belakang bakat dan minat yang sama meskipun sekolah atau kelas mereka berbeda.

Karena bertemu dengan orang-orang baru inilah, secara otomatis anak akan mengembangkan kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan berinteraksi.

Anak dapat menyalurkan energi dan kreativitasnya, sesuai dengan karakter anak SD yaitu salah satunya sifat  aktif dan suka bermain. 

Maka dengan ini menyalurkan kelebihan mereka melalui kegiatan ekstrakulikuler yang diminati, jadi meskipun mereka anak yang aktif mereka tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang bandel karena kita telah menyalurkan kelebihan energi tersebut pada kegiatan yang positif.

Anak akan terhindar dari risiko stres, dengan menyelingi kegiatan-kegiatan wajib tersebut dengan kegiatan  ektrakulikuler yang mereka minati akan membantu anak melewati hari-hari mereka dengan senang hati.

Karena kegiatan ekstrakulikuler bisa menjadi media sekaligus kesempatan untuk bersantai dari rutinitas yang membosankan.

Dengan kegiatan ekstrakulikuler ini siswa dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Oleh karena itu ekstrakulikuler sangat berguna dan bermanfaat bagi siswa SD saat ini.      

(Red/penulis: Lya FransiskaStatus : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )