Resensi Buku Novel Dear Allah

Bogor Now Featured

Resensi Buku_Novel Dear Allah

KORANBOGOR.com- Ikhtisar

Alnaira Malika Janah dan Wildan Khalif Firdausy adalah dua sahabat yang sempat terpisah dan dipertemukan kembali di sebuah Rumah sakit yang sama di kota metropolitan.

Wildan adalah cinta pertama Naira yang tak terakui di sebuah pesantren kilat beberapa tahun lalu, begitu juga dengan Wildan yang jatuh cinta pada Naira. 

Wildan adalah seorang dokter Obgyn yang menjadi tim bedah operasi sectio Caesar, dan Naira adalah seorang perawat bayi yang baru lahir, hal ini membuat mereka setiap harinya bertemu untuk bekerjasama sebagai tenaga medis. Genta adalah salah satu sahabat Wildan yang juga bekerja di rumah sakit tempat Naira mengabdi.

Selain Wildan yang menyukai Naira, Genta juga mempunyai  rasa pada Naira yang membuat Wildan mengalah karena Genta lebih yakin akan perasannya pada Naira dengan rencananya ingin mengkhitbah Naira, sedangkan wildan masih diambang kebingungan karena baru pertama kali merasakan cinta. Hingga akhirnya Wildan merelakan perasaan untuk Naira dan bertemu dengan Zulfa. 

Cinta Naira yang tersimpan rapi selama bertahun-tahun terus diuji dengan Wildan yang hatinya sudah tertambat pada Zulfa.Hingga Zulfa akan menjadi calon istri Wildan.

Namun,Naira percaya bahwa cinta atas nama-Nya tidak akan membuat para hambanya kecewa.Hingga pada akhirnya sebuah takdir mempersatukan Naira dan Wildan dalam sebuah ikatan tak terduga.

Naasnya Naira hanya menjadi pengantin pengganti yang tidak diharapkan Wildan dan Wildan tetap dengan pendiriannya yang ingin menceraikan Naira.

Namun Naira terus bersabar atas segala ujian yang menyapa bahteranya.Jika nama Wildanlah yang telah tertulis untuk Naira,sekeras apapun usaha Wildan untuk menceraikan Naira, mereka akan tetap bersama karena takdir telah mempersatukan mereka.

Kisah rumah tangga mereka sungguh tidak bisa dibayangkan, ketika kembalinya Zulfa yang menghilang dihari pernikahannya mengusik kebahagiaan rumah tangga Wildan dan Naira.

Sempat Naira berputus asa dan memilih untuk meninggalkan Wildan, Namun pada akhirnya Naira tersadar dan  kembali pada nakhodanya karena Wildan tidak ingin melepaskan Naira dalam hidupnya.

Mereka akhirnya hidup bahagia atas sebuah takdir yang mempersatukan mereka, dan Zulfa telah lama menghilang sejak rasa bersalahnya pada Naira.

  1. Kelebihan Buku

Novel karya Diana febi dengan judul Dear Allah ini benar-benar beda dari yang lain, novel ini telah dibaca  5 juta kali di wattpad dan ceritanya sangat mengisnpirasi juga memotivasi para pembacanya, alur dalam novel ini  dikemas sangat rapi oleh penulis sehingga pembaca sulit untuk menebak alur berikutnya.

Sosok Wildan yang digambarkan penulis sungguh membuat para hawa akan kagum karena kebaikannya, dan tampang nyaris sempurna. Penulis tidak segan untuk berbagi ilmu baru dari mulai dari ilmu keagamaan sampai ilmu kedokteran seperti transplantasi Rahim,dan dalam novel ini dilengkapi dengan quotes-quotes yang akan membuat hati meleleh ketika membacanya.

Kamu..

Pernah menjadi sesuatu yang aku perjuangkan

Pernah menjadi alasanku berdiri saat aku terjatuh

Pernah menjadi alasanku bangun saat aku terpuruk

Pernah menjadi alasanku bangkit meskipun terpincang-pincang

Tidak hanya quotes saja melainkan kita juga akan banyak menemukan pesan-pesan moral yang sangat menyentuh hati dalam novel ini, seperti percaya pada setiap rencana-Nya.

Meskipun cinta Naira bertepuk sebelah tangan, Naira tidak pernah berputus asa dan tidak pernah sedih secara berlebihan.

Naira percaya bila Wildan memang yang terbaik untuknya maka Allah akan menggerakkan hatinya untuk Naira, dan bila wildan bukan yang terbaik untuk Naira, Allah telah mempersiapkan yang lebih baik dari Wildan.

  1. Kekurangan Buku

Terlepas dari keunggulan, novel ini juga memiliki kekurangan, seperti tidak dilengkapi dengan catatan kaki untuk beberapa bahasa asing, sehingga mempersulit pembaca yang tidak menguasai bahasa asing, dan dalam novel ini tidak jarang terdapat cetak miring (typo) sehinnga mengurangi nilai keindahan dalam novel tersebut. Kemudian terdapat perbedaan nama  pada tokoh Wildan anara versi wattpad dengan cetak. Dalam Wattpad tokoh Wildan memiliki nama Wildan Khalif Al-Firdausy, sedangkan dalam versi cetak tokoh Wildan memiliki nama lengkap Wildan Khalif Firdausy tanpa Al.

  1. Kesimpulan 

Novel ini sangat cocok untuk para pembaca remaja yang menyukai genre teenfiction dengan bumbu-bumbu spiritual . Saya kira novel ini wajib menepati daftar bacaan teratas , novel ini sangat saya rekomendasikan untuk para pembaca karena saat kita membacanya seakan-akan kita belajar mengenai ilmu-ilmu pesantren, karena di dalamnya banyak terdapat nilai-nilai positif yang dapat kita ambil dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada penulis yang telah berhasil memporak-porandakan hati saya saat membaca, tersentuh seakan saya adalah sosok Naira.

  1. Judul Buku : Dear Allah
  2. Penulis : Diana Febiantria
  3. Penerbit : PT BUMI SEMESTA MEDIA
  4. Kota Terbit : Jakartab Selatan
  5. Tahun Terbit :  Tahun 2018
  6. Penyunting : Sintha Sumardi, Haykal Bukhari
  7. Desain Sampul : Coconut Design
  8. Penata Isi : Coconut Design
  9. Cetakan : Cetakan Pertama, November 2018, dan cetakan kedua Desember 2018
  10. ISBN : 978-602-5508-51-6
  11. Tebal Halaman : 412 halaman
  12. Jenis Buku : Non-Fiksi
  13. Harga Buku : Rp. 99.000- (Red/penulis: Wahyu Indri Sastiana dari universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )