Tips Hidup Hemat Anak Kos Tidak Mengenal Tanggal Tua

Featured

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Hidup ditanah rantau bukanlah suatu hal yang mudah, selain pekerjaan menahan rindu jauh dari orang yang disayang pastinya kita juga dituntut untuk hidup mandiri.

Tidak bisa dipungkiri memang jika orang yang baru memulai tinggal ngekos pastinya akan kesulitan memanajemen hidupnya apalagi persoalan keuangan.

Karena kehidupan anak rantau beda dengan tinggal bersama orang tua, semua kebutuhan harus dipikirkan sendiri pengeluarannya mulai dari urusan makan, uang beli buku, kebutuhan harian, kebutuhan bulanan, jajan, dan tak ketinggalan juga keinginan untuk jalan-jalan.

Jelas terasa sangat sulit apabila uang kiriman dari orang tua hanya pas-pasan.

Berikut tips hidup hemat untuk anak kos: 

  1. Pilih kos yang dekat dengan kampus 

Kalau kalian maba dan tidak difasilitasi motor dari orang tua maka pilihlah kos yang bisa dijangkau kekampus dengan jalan kaki,meskipun di era sekarang banyak sekali ojek online dengan persaingan promo yang menggoda tetapi lebih hemat jika kalian jalan kaki.

Tidak difasilitasi motor juga membuat kalin jauh lebih hemat karena kalian bakal mikir dua kali untuk ajakan pergi main dengan teman.Dan juga pastinya bakal lebih sehat karena sering jalan kaki. 

  1. Masak nasi sendiri 

Orang Indonesia sangat identik dengan nasi, jika belum makan nasi maka belum dikatakan makan, meskipun yang dimakan sudah mengandung karbo.

Untuk kalian para anak kos memasak nasi sendiri adalah pilihan yang tepat untuk menghemat pengeluaran kalian.

Bayangkan saja jika kalian makan tiga kali sehari dan semuanya beli, pasti akan sangat menguras kantong.

Beda halnya dengan kalau kalian masak nasi sendiri, selain bisa makan sesuai porsi (tidak lebih dan tidak kurang) uang kalian juga akan tetap aman, hanya tinggal beli lauk dan sayur saja. 

  1. Membawa minum 

Hal ini terlihat sepele tapi sangat terasa dampaknya. Baiknya jika kamu kuliah dengan jadwal yang cukup panjang bawalah minum dari rumah.

Selain menghemat, kalian juga turut menjaga kesehatan kalian karena tidak minum es.

Bayangkan saja jika kalian kuliah lima hari dalam seminggu dengan jadwal yang cukup padat pasti kalian akan butuh minum,bayangkan berapa uang yang harus kalian keluarkan untuk membeli minum. 

  1. Hitunglah uang yang bisa dikeluarkan dalam sehari

Jadi, hitunglah berapa uang sehari maksimal yang kalian gunakan untuk makan, transportasi, jajan dan lain-lain.

Dengan cara,terlebih dahulu menghitung dan menyisihkan uang untuk keperluan yang tidak sekali habis misal alat mandi, untuk perempuan misalnya skincare dan lain-lain. 

  1. Meminta kiriman uang mingguan 

Jika orang tua kalian memberikan opsi kiriman mingguan atau bulanan, maka baiknya kalian meminta mingguan saja karena untuk mengatur uang selama sebulan penuh akan sulit,mudahnya kalian mengatur uang dengan jangka waktu seminggu saja karena tidak akan membuat kalian para anak kos kaget dengan fenomena akhir bulan.

Untuk yang dapat kiriman bulanan kalian bisa membagi uang untuk empat minggu, tetapi kalian harus konsisten untuk tidak mengambil lebih setiap minggunya.

  1. Menolak ajakan nongkrong yang tidak terlalu penting

Anak muda jaman sekarang kebanyakan suka nongkrong-nongkrong di caffe dengan alasan gabut di kos.

Oke,tidak masalah jika dilakukan hanya satu atau dua kali,tetapi akan jadi masalah jika kalian kecanduan dengan gaya hidup foya-foya.

Alangkah baiknya jika kalian menolak dengan halus ajakan nongkrong yang tidak jelas tujuannya demi kenyamanan dan kesejahteraan isi dompet kalian. 

  1. Memilih teman bergaul 

Memang hal ini terlihat kurang baik, tetapi semakin kalian dewasa kalian hanya akan membutuhkan teman yang paham akan kondisi kalian.

Pilihlah teman bergaul yang nyaman dipergaulan dan nyaman dikantong. Banyak teman yang gaya hidupnya selalu Hedon dengan nongkrong di cafe hanya sebuah instastory, ingat tujuan kalian kuliah agar mendapat bekal ilmu sebelum memasuki dunia kerja bukan untuk menjadi hitz kampus. 

Jadi itulah tips hidup hemat anak kos agar tidak kenal tanggal tua, jangan lupa juga bedakan antara keinginan dan kebutuhan niscaya hidup kalian akan berdamai dengan kantong.

(Red/penulis :Tita Virani )