Jemaah Haji Asal Sumsel Tiba Pertama Di Tanah Air

Mimbar Agama

KORANBOGOR.com,PALEMBANG-Jamaah haji asal Kabupaten OKU Timur dan Palembang, Sumatera Selatan, dengan Pesawat Saudi Airlines nomor penerbangan SV5702 yang ditumpangi 447 penumpang, tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Sabtu malam (17/8), sekitar pukul 23.20 WIB.

Jemaah haji yang tiba ke tanah air mayoritas berasal dari kelompok terbang (Kloter) 1 dengan jumlah jemaah 445 orang. Sementara dua lainnya berasal dari kloter 4 dan 18 yang ikut bergabung.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang, HM. Alfajri Zabidi, jumlah jemaah haji kloter 1 yang tiba di Palembang sebenarnya tidaklah lengkap.

Pada saat keberangkatan, kloter 1 berjumlah 448 orang. Namun ada satu jemaah yang meninggal di Arab Saudi dan dua sakit, sehingga harus menjalani perawatan dan belum bisa kembali ke tanah air.

Jemaah yang meninggal dari kloter pertama adalah Kaminem Matahir Asir (58 tahun) asal OKU Timur. Almarhumah meninggal pada 8 Agustus lalu di Mekkah. Sedangkan jemaah yang masih harus dirawat di Arab Saudi adalah Sariyah Mukadi dan Muhammad Nasrudin. Keduanya juga berasal dari OKU Timur.

“Jemaah yang datang sebanyak 447 orang karena ada dua jemaah yang ikut bergabung, yaitu Hanapi Harom dari kloter 18 dan Sarmiati Katiran dari kloter empat,” ungkap Fajri.

Fajri menambahkan, hingga saat ini jamaah Debarkasi Palembang yang meninggal dunia di Arab Saudi berjumlah delapan orang.