Dampak Buruk Gadget Bagi Anak SD Di Era Modern

Berita Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang begitu pesat pada saat ini, gadget menjadi sebuah benda yang sudah tidak asing lagi di kehidupan sehari-hari.

Banyak orang yang menjadi ketergantungan dengan gadget, karena sudah terlalu sering menggunakannya. Bahkan anak SD sudah banyak yang diberikan gadget sendiri oleh orang tuanya untuk membantu proses pembelajaran.

Namun, terkadang anak-anak dapat menyalahgunakan fungsi dari gadget tersebut jika kurang pengawasan dari orang tua.

Penggunaan gadget sejak dini ini kurang baik untuk perkembangan anak, karena dengan penggunaan gadget ini dapat menyebabkan anak menjadi ketergantungan dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Pada zaman dahulu saat belum ada gadget di lingkungan anak-anak, biasanya mereka bermain permainan tradisional dengan teman-temannya.

Sedangkan saat ini, anak menjadi lebih individual karena terlalu asik sendiri dengan bermain gadget. Bahkan mereka juga kurang mengenal permainan tradisional yang pernah ada sebelumnya.

Gadget ini dapat membantu anak untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dengan cara yang sangat mudah. Namun, perlu diwaspadai pada saat ini sudah banyak perkembangan berita-berita bohong atau hoax.

Jika anak belum bisa memilah informasi yang benar, maka nantinya anak dapat menelan informasi-informasi yang salah.Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan pengarahan kepada anak mengenai informasi yang telah mereka terima.

Penggunaan gadget ini juga dapat mengantarkan anak untuk terjun bebas ke dalam media sosial. Di sini anak dapat bertemu dengan teman-teman baru yang belum dikenal sebelumnya.

Teman-teman dunia maya ini bisa berasal dari daerah mana saja dan memiliki kepribadian yang berbeda-beda.Jika tidak berhati-hati, anak dapat salah memilih teman dan pergaulan yang nantinya mungkin akan berdampak buruk bagi anak.

Bahkan tidak sedikit juga para pelaku kejahatan melakukan aksi penipuannya melalui media sosial.

Kemudahan yang disuguhkan oleh kemajuan teknologi saat ini membuat anak menjadi lebih malas untuk membaca buku.

Hal ini dikarenakan anak-anak menganggap bahwa untuk mencari informasi saat ini sangatlah praktis, cukup dilakukan dengan menuliskan kata yang akan di cari di dalam internet dan nantinya akan muncul informasi apapun yang sedang dicarinya.

Jadi, anak tidak perlu untuk bersusah payah lagi mencari-cari buku dan membacanya agar dapat menemukan informasi.

Selain malas membaca, anak zaman sekarang juga menjadi lebih malas untuk belajar. Mereka lebih senang bermain gadget hingga lupa waktu daripada sekedar membuka buku atau mengulang pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya.

Jika dibiarkan terlalu lama anak akan menjadi kecanduan dan nantinya dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar,menurunnya kesehatan,serta dapat berakibat pada kepribadian anak yang semakin memburuk.

Pemberian gadget untuk anak SD sebenarnya belum dapat berfungsi secara maksimal.Hal ini dikarenakan anak SD belum terlalu membutuhkan gadget.

Namun,tidak ada larangan juga jika orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk mendukung pendidikan anaknya.

Penggunaan gadget pada anak diharapkan sesuai dengan tujuan orang tua, maka sebaiknya orang tua selalu memantau perkembangan anak dan isi dalam handphone anak agar selalu terarah dan tidak muncul hal-hal yang tidak diinginkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua.

(Red/Disusun oleh :Nama : Winda Retno Ningtyas)

NIM : 2018015368Status : Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta