Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Melalui Teman Sebaya

Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com,.YOGYAKARTA-Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang, dimana individu dapat mengevaluasi keseluruhan dari dirinya sehingga dapat memberi keyakinan yang kuat pada kemampuan dirinya untuk melakukan tindakan dalam mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Mempunyai rasa percaya diri merupakan salah satu aspek  kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Orang yang percaya diri berarti yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki harapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka akan tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya.

Setiap siswa memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, ada siswa yang cenderung aktif dan ada juga yang pasif. Ada siswa yang mampu menunjukkan ekspresi dirinya, ada juga yang tidak mau mencoba mengekspresikan dirinya.

Karakter ini ditentukan oleh sifat pemalu atau kurangnya rasa percaya diri pada siswa. Membangun rasa percaya diri memang tidaklah mudah, terutama untuk anak di sekolah dasar. 

Meningkatkan rasa percaya diri dinilai sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa. Melalui teman sebaya di sekolah, anak dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam kegiatan pembelajaran.

Dimana dengan teman sebaya dapat saling memberikan motivasi dan inspirasi sehingga siswa yang tidak mempunyai rasa percaya diri akan sedikit demi sedikit timbul rasa percaya diri siswa tersebut.

Motivasi tersebut bisa berupa motivasi belajar, dengan membuat teman kita percaya jika mereka berani mencoba, maka akan menuai hasil yang positif. Selain memberikan motivasi dan inspirasi, hal yang dapat dilakukan yaitu memberikan pujian.

Siswa yang cenderung kurang percaya diri karena pernah mengalami hal yang membuat trauma, maka melalui teman sebaya dalam menyampaikan kritik kepada temannya dengan cara yang tepat, bukan ejekan maupun cemoohan. Dengan begitu siswa tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

(Red/ Dama Anindya H
Nim          : 2018015034
Asal          : Yogyakarta
Status      : Mahasiswi PGSD di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )