Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SD Melalui Media Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com.YOGYAKARTA-Teknologi Informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Informasi merupakan data yang telah diolah, data tersebut dapat berupa gambar, video, suara dan sebagainya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi dalam pengelolaanya, hubungan antara computer dengan manusia dalam hal yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, dan budaya.

Di era sekarang ini teknologi  informasi dan komunikasi menjadi hal utama disegala bidang kehidupan, mulai dari kegiatan sederhana seperti kegiatan rumah tangga,maupun dalam bidang pembangunan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi juga tak bisa lepas dari bidang pendidikan, dalam pengaplikasiannya di dunia pendidikan, dengan adanya teknologi tentu sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi tentu akan memambah semagat belajar peserta didik,hal itu dapat terlihat dari cara guru dalam menyampaikan materi melalui proyektor atau LCD dengan menampilkan power point yang dapat menarik minat belajar siswanya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi  juga memiliki dampak negatif bagi siswa sekolah dasar, misalnya Anak-anak masa kini tak sedikit yang kecanduan  dengan gadget, sehingga hal tersebut dapat mengurangi produktifitas siswa dalam menerima pembelajaran karena anak-anak hanya sibuk bermain  gadget saja.

Namun apabila kecanduan gadget tersebut ditangani dengan baik, justru akan menjadi hal yang positif, misalnya pemanfaatan gadget sebagai media edukasi siswa, selain itu gadget juga bisa digunakan untuk mencari sumber pembelajaran selain dari buku yang diberikan oleh guru disekolah. 

Sehingga orang tua juga memiliki peran yang sangat penting sebagai kontrol anak-anaknya, agar penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat berfungsi dengan baik.

(Red/Muhamad Giyant Wisnu Arnavth Nim : 2018015017 : Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)