Penjelasan Kemendikbud Terkait Tahun Ajaran Baru Th2020/2021

Pendidikan

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakaan bahwa sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada pekan ketiga Juli 2021.

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud Efi Mulyani mengatakan, tahun ajaran baru kemungkinan akan dilakukan pada Senin ketiga di bulan Juli 2021.

Kendati demikian, tahun ajaran baru itu tidak lantas sekolah harus melakukan ajar-mengajar dengan tatap muka. Menurut Efi banyak alternatif yang bisa dilakukan, mulai melalui internet hingga siaran TV dan radio.

“Tahun ajaran baru dimulai pada senin ketiga Juli yang akan datang. Tersedia modul yang bisa dipelajari mandiri, dengan memerlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua,” ujar Efi melalui video conference di Graha BNPB, Selasa (9/6/2020).

Saat ini, Kemendikbud masih melakukan pengkajian yang komprehensif bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengatur ulang skala prioritas di bidang pendidikan.

Menurut Efi, di tengah pandemi saat ini telah memberikan banyak pelajaran bagi pihaknyaa. Salah satunya adalah bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan oleh insan pendidikan, mulai dari anak, orang tua murid, hingga guru.

Meski ada daerah-daerah yang harus beradaptasi dengan teknologi, namun menurutnya terjadi percepatan adaptasi teknologi.

“Hal-hal yang terjadi sebelum pandemi, menjadi catatan dalam sejarah terkait teknologi ini,” ujarnya.(Red)