Pentingnya Nilai Moral di Sekolah Dasar

Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Moral, akhlak, etika, atau susila merupakan istilah manusia untuk menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif.

Moral sangat penting diajarkan pada pendidikan, apalagi sejak pendidikan sekolah dasar untuk menanamkan sikap dan perilakunya sejak usia dini. Moral ditanamkan kepada peserta didik agar mereka dapat berperilaku dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Nilai moral dapat diajarkan di sekolah dasar dengan contoh yang sederhana, misalnya dengan mengajarkan peserta didik membuang sampah pada tempatnya, menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, menunaikan ibadah tepat waktu, menghormati orang yang lebih tua dan sebagainya.

Dengan begitu, peserta didik dapat melakukan bahkan akan mengikuti perbuatan baik yang dicontohkan oleh gurunya disekolah.Guru di sekolah berfungsi sebagai fasilitator, supaya peserta didik dapat menanamkan nilai-nilai moral yang baik sehingga dapat tercipta tujuan pendidikan moral yang  baik juga.

Apalagi di zaman sekarang ini yang sering disebut “zaman now” masih banyak terjadi perilaku-perilaku menyimpang, karena pendidikan intelegensi sering tidak diimbangi dengan kecerdasan spiritual.

Contohnya saja saat ini masih sering terjadi kasus bullying di sekolah dasar, tidak sedikit murid yang menjadi bahan olok-olokan temannya atau bahkan malah menjerumus pada tindak kekerasan.

Selain itu, yang paling utama adalah nilai moral harus diimbangi dengan spiritual untuk mencegah tindakan-tindakan asusila di masyarakat.

Dengan menanamkan nilai moral sejak dini, berarti kita dapat membantu mengurangi tindakan penyimpangan ini.Karena tanpa mengerti agama, kelak seseorang bisa saja terjerumus dalam perbuatan buruk seperti ini.

(Red/ Alifia Masita Dewi ingin mengajukan sebuah artikel. Artikel ini diajukan bertujuan untuk memenuhi tugas akhir semester Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Tulis UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA.  )