PENTINGNYA PENDIDIKAN PKN DI SD UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER SISWA USIA DINI

Kampus Kita Pendidikan

KORANBOGOR.com,YOGYAKARTA-Bagi guru SD pendidikan karakter sangatlah penting untuk murid dikarena jaman yang kian berubah yang dapat mengakibatkan menurunya prestasi murid dalam menjaga karakter.

Sekarang ini banyak kita jumpai dikalangan sekolah atau pun masyarakat banyak para pelajar tidak bisa menanamkan sikap dalam menghargai sesama.

Dengan di tekunkannya pendidikan PKN dalam pelajaran kita dapat melakukan suatu tindakan dalam dunia pendidikan di SD yaitu dengan membentuk karakter seorang anak melalui pendidikan PKN yang dapat kita hubungan ke mata pelajaran yang lain.

Tujuan dari pendidikan karakter itu sendiri bagi seorang guru jika di terapkan adalah supaya generasi mendatang tidak hanya pintar dalam ilmu tetapi juga pandai dalam segala akhlak dan budi pekerti.

Menjadi tau bagaimana cara memanusiakan manusia yang lain dan guru juga tidak hanya mengajarkan tentang teori tetapi bagaimana mengajari tentang nilai moral di dalamnya dan juga mampu mengimplementasinya di dunia masyarakat.

Dalam pendidikan PKN juga guru harus bisa menerapakan kepada siswa nilai-nilai moral sehingga dapat membentuk pribadi siswa yang memiliki sikap jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, kemandrian, sikap demokratis, rasa inggin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai, sikap bersahabat, cinta damai, gemar membaca, perduli terhadap lingkungan, perduli sosial, rasa tanggung jawab, dan sikap religius.

Dengan adanya pendidikan PKN yang diwajibkan bagi sekolah dasar serta bagi seorang guru atau pamong mampu memberikan teladan bagi murid-muridnya.

Pendidikan PKN di SD juga merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengimplementasikan nilai-nilai dalam pendidikan karakter kepada peserta didik bila diterapkan di usia dini,karena tujuan pendidikan PKN itu sendiri adalah untuk menciptakan peserta didikĀ  menjadi warga negara yang demokratis dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam PANCASILA.

Jika kita sebagai seorang guru yang mendidik atau menjadi pamong bagi murid tentu akan menghadapi berbagai rintangan baik dari guru itu sendiri atau dari murid tersebut.

Oleh karena itu seorang guru harus mampu mengajarkan seorang anak tentang karakter yang akan guru itu sendiri terapkan misalnya,dari hal kecil seorang anak diajarkan sopan santun kepada gurunya dengan memberikan 3S (senyum, salam, sapa) dan mengajarkan anak menjadi bertanggung jawab dari hal yang kecil misalnya menjadi ketua kelas di kelasnya sendiri sehingga anak tersebut memiliki rasa tangung jawab sesuai yang kita harapkan.

Karena dengan adanya penerapan dan langkah tersebut seorang guru untuk mengabil segala bentuk tindakan merupakan hal tepat untuk di contohkan kepada murid.

Karena untuk jaman sekarang akan lebih efektif bila kita sebagai guru menjadi panutan bagi siswa.Misalnya dalam hal mengajar pendidikan PKN yang merupakan pendidikan yang sangat berperan dalam salah satu pilar penyangga dalam membangun karakter siswa usia dini dan jati diri bangsa yang terdapat dalam diri murid tersebut.

Dengan membuat diri murid menjadi warga negara yang baik, cerdas, dalam majunya perkembangan jaman di era yang kompetitif.Dengan begitu pendidikan PKN memberikan bekal kepada murid untuk kedepan yang lebih baik misalnya kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kercerdasan spiritual.

Kecerdasan yang harusnya dimiliki oleh seorang murid yang diharapkan serta mampu dimanfaatkan untuk berfikir dalam menganalisis berbagai masalah.

Untuk itu pendidikan PKN di SD yang di terapkan wajib bagi sisiwa usia dini dapat memberikan dampak dan pengaruh yang baik dari segala segi ketrampilan dalam berfikir, berkomuniukasi, dan berpartisipasi.

(Red/ Beatrice Nany Nim:2018015201 status:mahasiswa jurusan PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa )