Tak Lolos SBMPTN,Masih Bisa Ikut Jalur Mandiri

Pendidikan

KORANBOGOR.com,JAKARTA-Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta siswa yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 agar tidak berputus asa, apalagi sampai memutuskan untuk tidak kuliah.

Nasir mengatakan, masih ada jalur lain untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Yang mendaftar PTN apabila tidak diterima di PTN jangan putus asa, tetap harus semangat. Masih ada ujian mandiri untuk PTN, masih ada PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang ada di Indonesia dan ini semua legal, tidak ada yang tidak legal,” kata Nasir di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Dia menegaskan, ujian mandiri di masing-masing PTN pilihan masih bisa ditempuh. Selain itu, Nasir juga meminta agar siswa lebih teliti dalam menempuh ujian tulis untuk masuk universitas selanjutnya.

Menurutnya, siswa juga harus mencari tahu mengenai latar belakang program studi dan universitas yang menjadi tujuannya. Hal ini agar mereka tidak merasa salah memilih di akhir nanti.

Nasir pun menyarankan agar siswa mengunduh aplikasi Kemenristekdikti guna tahu perkembangan di dunia pendidikan.

“Jadi ini yang sangat penting, dan bisa dilihat di mobile aplikasi dari Kemenristekdikti PDDiktiMobile,” ujar Nasir.

Lewat aplikasi tersebut, peserta didik bisa mengakses informasi mengenai daftar perguruan tinggi, program studi, dan akreditasi perturuan tinggi.

“Akreditasi itu penting ya, jadi tolong dipastikan,” ucap Nasir.

Hasil Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2019 akan diumumkan hari ini, Selasa (9/7/2019) pada pukul 15.00 WIB.

Dilansir dari keterangan tertulis panitia SBMPTN 2019, hasil pengumuman bisa dilihat pada laman resmi utama http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Namun, dikarenakan pengumuman dilaksanakan secara nasional, tidak dipungkiri bahwa akan adanya kesalahan pada sistem laman utama. Oleh sebab itu, panitia SBMPTN 2019 menyediakan laman miror yang dapat diakses para peserta SBMPTN 2019 untuk melihat pengumuman .(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.