Keseringan Makan Mie Instant,Nih Bahayanya ?

0
597

KORANBOGOR.com-Musim hujan seperti sekarang ini paling cocok makan mie instan rebus. Nyam! Mie instan juga pas jadi andalan untuk anak kost waktu tanggal tua ya. Nggak heran kalau makanan ini jadi favorit setiap orang.

Tapi tahu nggak,kawan,keseringan makan mi instan bisa meningkatkan risiko jantung, diabetes,dan bahkan stroke?

Mie instan, seperti halnya makanan yang diproses lainnya mengandung garam yang tinggi.Pola makan tinggi mineral seperti ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian lain juga dilakukan oleh Braden Kuo, ahli kesehatan pencernaan dari Massachusett General Hospital di Boston.

Dia menggunakan kamera berukuran sangat kecil untuk melihat apa yang terjadi pada organ pencernaan setelah seseorang makan mie ramen instan,kemudian ditemukan fakta yang mengejutkan.

Mie instan yang dimakan ternyata nggak langsung tercerna, bahkan setelah lewat dua jam, mie instan tetap utuh lho.

Hal ini cukup mengkhawatirkan,mengingat tekanan yang mungkin diterima oleh sistem pencernaan akibat konsumsi mie instan,yang memaksa kerja pencernaan sampai berjam-jam untuk memproses makanan yang banyak mengandung bahan kimia dan sedikit sekali serat.

Akibatnya, proses penyerapan nutrisi buat tubuh erganggu, apalagi ditambah dengan kadar nutrisi dalamnya yang sangat sedikit untuk tubuh,digantikan dengan bahan penambah rasa,pengawet beracun jenis tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ) yang bisa tinggal di dalam perut dalam waktu yang lama tanpa bisa diketahui dampaknya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

TBHQ sendiri adalah ampas dari hasil pengolahan petroleum dan biasanya dicantumkan dalam kemasan makanan sebagai antioksidan.

TBHQ sebenarnya adalah bahan kimia sintetis yang mencegah oksidasi lemak dan minyak, sehingga awet disimpan dalam waktu yang lama sekalipun.

Selain dalam makanan instan dan makanan cepat saji,TBHQ bisa juga ditemukan dalam produk-produk pestisida dan pelapis kayu, serta kosmetik dan parfum untuk mengawetkannya saat pemakaian.Aduh,seram ya! (Red/Berbagai Sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here