Kampus Diliburkan,Siswa Diberi Kesempatan Lihat Jenazah George Floyd

Internasional Tanpa Kategory

KORANBOGOR.com,TEXAS-Agar para mahasiswa bisa menghadiri penghormatan terakhir atau memorial service jenazah George Floyd, pada Senin (8/6/2020), Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), meliburkan kelas.

Pemakaman Floyd, seorang warga kulit hitam yang tewas karena kehabisan napas usai lehernya ditekan dengan lutut oleh seorang polisi berkulit putih yang tengah menangkapnya, rencananya akan dilakukan pada Selasa (9/6) besok, di Texas.

University of Houston, melalui akun Twitter resminya, berharap kesempatan melihat jenazah George Floyd dapat digunakan para mahasiswa untuk merefleksikan situasi yang tengah terjadi di Negeri Paman Sam, terutama isu diskriminasi dan rasisme terhadap warga kulit hitam dan minoritas lainnya.

Sebelum tiba di Houston, upacara penghormatan terakhir jenazah Floyd juga diadakan di kota kelahirannya, Reaford, pada Sabtu pekan lalu.

Memorial service pertama digelar di Minneapolis pada Kamis pekan lalu. Upacara itu juga turut dihadiri ratusan orang.

Ribuan orang menghadiri acara memorial service tersebut, termasuk keluarga, sejumlah tokoh, dan pejabat publik.

Ketika mobil jenazah Floyd tiba, ratusan orang di halaman gereja berteriak nama George Floyd, “Black Power!”, dan “tidak ada keadilan, tidak ada perdamaian!”.

Kematian Floyd dinilai menjadi puncak amarah warga Amerika terkait diskriminasi dan sikap rasisme yang sistematis, terutama terhadap perlakuan aparat kepada warga kulit hitam dan minoritas . (Red)